Cara Membuat Akte Kelahiran Secara Detail

Persyaratan buat akte kelahiran

Dua kali sudah saya membuat tulisan di blog catcilku tentang cara membuat akte kelahiran. Dengan judul postingan Membuat akte kelahiran yang terlambat dan judul postingan kedua Pertanyaan seputar akte kelahiran yang terlambat

Tujuan utamanya waktu membuat tulisan pertama ingin membantu para pengunjung blog ini yang ingin mengurus akte kelahiran yang terlambat. Sejalan dengan waktu tulisan tersebut mendapat tanggapan yang baik dari pembaca. Pertanyaan melalui kolom komentar datang dan ditujukan kepada saya. Sebagai blogger tentu saja saya merasa tertantang untuk menjawab semua pertanyaan yang ditujukan untuk saya di kolom komentar. Tentunya dijawab sesuai kapasitas dan informasi yang saya miliki saja, karena saya bukan pegawai Sudin Dukcapil.

Khawatir kalau jawaban yang saya berikan salah, sekaligus ingin memperbarui informasi yang saya miliki tentang cara membuat akte kelahiran secara detail. Baik membuat akte kelahiran baru maupun yang terlambat, maka pada hari Kamis pekan yang lalu saya sengaja mendatangi Dukcapil. Yang melayani wilayah Jakarta Timur, beralamat di Jalan Cipinang Baru Raya No. 16, Jakarta Timur. Saya melakukannya sebagai bentuk tanggung jawab sebagai blogger yang ingin memberikan informasi terbaru dan benar bagi pengunjung blog catcilku.

Saat memasuki kantor Sudin Dukcapil, saya harus mengambil nomor antrian yang dijaga oleh seorang petugas. Di sini saya pun langsung bertanya apa saja persyaratan untuk membuat akte kelahiran. Selanjutnya petugas memberikan kertas kecil yang seperti foto di atas, berisi persyaratan untuk membuat akte kelahiran baik yang baru maupun yang sudah terlambat. Berikut persyaratan membuat akte kelahiran secara detail:
1. Asli surat keterangan dari kelurahan (pengantar lurah)
2. Asli surat keterangan kelahiran dari dokter/rumah sakit/bidan
3. Fotokopi akte perkawinan (buku nikah dari KUA atau catatan sipil)
4. Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
5. Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
6. Fotokopi ijazah terakhir atau surat pernyataan tidak punya ijazah (tidak tamat SD).

Persyaratan nomor 6 diperuntukan bagi anda yang hendak membuat akte kelahiran yang terlambat dan telah berumur dewasa. Karena biasanya kalau sudah berumur dewasa sudah tidak memiliki surat keterangan kelahiran, jadi ijazah sebagai penggantinya. Jadi persyaratan ini sekaligus menjawab pertanyaan pengunjung di dua postingan saya yang lalu. Bagi yang sudah dewasa dan ingin membuat akte kelahiran.

Pada dua postingan yang sebelumnya banyak sekali penanya yang menanyakan bisakah membuat akte di kota yang berbeda dengan tempat kelahiran? maka jawabnya bisa, karena akan dibuktikan dengan KTP. Sementara untuk pertanyaan buku nikah orang tua yang tidak ada maka nanti anda akan diwajibkan mengisi surat pernyataan luar kawin. Kelemahannya nanti di akte kelahiran hanya akan tercantum “…anak dari seorang ibu…”

Saran dari petugas Dukcapil segera dimintakan duplikat kutipan akta nikah di KUA terlebih dulu sebelum membuat akta kelahiran. Kalau memang akta nikah hilang. Sekali lagi tidak ada biaya atau pungutan yang dibebankan kepada pemohon untuk pengurusan akte kelahiran baru atau yang terlambat. Sidang pun sudah tidak perlu dijalani lagi hanya untuk mendapatkan akte kelahiran yang terlambat. Janji layanan dari Sudin Dukcapil bagi pemohon yang akan membuat akte kelahiran adalah 14 hari kerja.

Harap diperhatikan dengan baik, jika anda datang ke Dukcapil harus sudah membawa seluruh persyaratan membuat akte kelahiran baru atau terlambatnya ya. Jika tidak anda akan ditolak dan tidak akan diberikan formulir lainnya yang harus diisikan dan dilengkapi. Bisa dipastikan anda akan pulang ke rumah dan kembali lagi di lain waktu sampai membawa seluruh persyaratan dengan lengkap. Saat berada di Dukcapil saya pun tidak diizinkan oleh petugas untuk meminta formulir yang akan diisikan, harus membawa seluruh persyaratan dengan lengkap terlebih dulu. Padahal saya ke Sudin Dukcapil hanya mencari informasi saja untuk melengkapi postingan ini, bukan untuk membuat akte kelahiran :D.

Daripada saya pulang ke rumah dengan tangan hampa, padahal sudah datang ke Sudin Dukcapil untuk mendapatkan informasi. Saya akhirnya mencari orang yang dapat saya tanyai mengenai pembuatan akte kelahiran baru atau terlambat. Kebetulan ada seorang bapak yang duduk di sebelah saya sepertinya sudah beberapa kali membuat akte kelahiran. Tanpa basa basi saya pun langsung bertanya dan meminjam berkas-berkas miliknya. Sekalian minta izin untuk mengambil gambar dari berkas yang dibawa bapak itu.

Hasil dari tanya dengan petugas di Sudin Dukcapil dan seorang bapak yang akan membuat akte kelahiran yang terlambat. Akhirnya saya dapat menulis postingan membuat akte kelahiran secara detail. Berikut adalah beberapa formulir yang saya dapatkan waktu bertanya di Sudin Dukcapil di kecamatan beberapa waktu lalu seperti yang sudah saya unggah di dua postingan sebelumnya. Sementara sisanya adalah hasil foto dari berkas milik bapak yang saya ajak bicara.

1. Surat keterangan pelaporan kelahiran: didapatkan dari kelurahan

Surat Keterangan Pelaporan Kelahiran

 2. Surat keterangan kelahiran: didapatkan dari kelurahan

Surat Keterangan Kelahiran

3. Surat pernyataan luar kawin yang didapatkan dari Dukcapil. Surat pernyataan ini dibutuhkan oleh anda sebagai orang tua yang tidak memiliki akta (buku) nikah. Baik dengan alasan hilang atau memang pernikahan tidak dicatatkan dan tidak terdaftar di KUA  (bagi muslim) atau Catatan Sipil (bagi non muslim)

Surat Pernyataan Luar Kawin

4. Laporan kelahiran yang didapatkan dari Dukcapil

Laporan kelahiran

5.Kartu kendali yang didapatkan dari Dukcapil

Kartu Kendali

Demikianlah rangkaian postingan dengan tema yang sama yaitu membuat akte kelahiran, semoga dapat membantu anda yang sedang mencari informasi membuat akte kelahiran secara detail.

BACA INI:

Untuk lebih jelas silahkan anda baca postingan terbaru saya dengan judul informasi akte kelahiran seluruh Indonesia atau bisa langsung hubungi nomor telepon yang ada di daftar ini, silahkan untuk diunduh terlebih dulu ya.

 

Incoming search terms:

  • pemutihan akte kelahiran 2015
  • syarat membuat akte kelahiran 2015
  • cara mengurus akte kelahiran 2015
  • cara bikin akte kelahiran anak 2015
  • cara membuat akte kelahiran 2015
  • cara bikin akte kelahiran 2015
  • persyaratan membuat akte kelahiran 2015
  • Pemutihan akte kelahiran
  • cara membuat akta kelahiran 2015
  • syarat buat akte kelahiran 2015

130 thoughts on “Cara Membuat Akte Kelahiran Secara Detail

          • pak saya mau tanya orang tua saya ga ada surat nikah karena dulu blm ada surat nikah tapi sama pegawainys ibu saya di suruh bikin di gereja… gak masuk akal jadi akta kenal lahir saya ga bisa di kluarin trus saya harus gimana

          • Menurut pengalaman saya memang harus ada surat nikah, karena sebagai dasar penetapan akte. Kalau tidak ada surat nikah lalu sebagai pembuktian anda benar-benar anak bapak dan ibu anda apa? Untuk solusi dan lebih jelasnya silahkan datang ke Sudin Dukcapil sesuai domisili anda ya pak

          • bapa mau tanya..Akta kelahiran saya Hilang tapi saya sekarang sudah berkeluarga dan pindah wilayah punya KTP dan KK sendiri…bagaimana mengurusnya ya? nuhun

  1. sedihnya saat baca, “…anak dari seorang ibu…”

    oh, iya.. setelah mendapat formulir data kita yang diberikan petugas, sebelum diterbitkan akte kelahiran, sebaiknya baca dengan cermat.. kesalahan satu huruf saja, akan membuat kita repot belakangan. jangan segan-segan minta dirubah.

  2. Akta ini barang kecil tapi suka kelupaan ngurus karena ga sadar. Alhmdulillah anak pertama dulu ngurus pas lahiran sekalian; anak kedua ngurusnya pas ada pemutihan di Puskesmas dekat rumah. Memang ngurus sendiri sih enak biar tahu prosedurnya. Tak ada pungutan, tapi kadang masih ada aja yang minta Mbak. Ganti maplah, ganti ini, itu, hehe. Makasih ya informasinya. :)

  3. penting sekali nih… sampai sekarang beberapa orang tua murid di sekolah anakku masih ada yang baru mengurus akte kelahiran untuk anaknya saat anaknya ini mau ujian… duh, padahal kan gampang ya…

  4. Alhamdulillah anak-anak dan para cucu saya sudah mempunyai akte kelahiran. Nggak kayak saya dulu, masuk Akabri baru sibuk mengurus Akte Kenal Lahir karena ortu belum membuat akte kelahiran saya. Maklum jaman nggak enak ketika saya lahir.
    Terima kasih tipnya yang bermanfaat
    Salam hangat dari Surabaya

    • Masih bisa membuat akte kelahiran untuk anak yang ortunya tidak menikah. Tapi nanti di akte kelahirannya hanya tertulis “…Anak Seorang Ibu…” Karena tidak ada akte nikah kedua orang tuanya, jadi tidak bisa mencantumkan nama kakek sebagai ayah di akte kelahirannya. Silahkan mengikuti panduannya di postingan di atas. Terima kasih

      • mf pak saya mau nanya saya nih mau nikah tpi slah 1 y hrs ad akta klhiran sya mau ngrus akta klhiran sya smntra surat nikah k 2 orng tua sya sdah lma ludes wktu rmh kbkaran skrng tdk ad lg dn smnjak kjdian it llusn skloh sya ikut sodara d tangerang in dn sya bkrja dn mmbuat ktp d tangerang dan KK syapun ikut sodara sya tpi kk sya it aslinya sdah tdk ad lg mhon solusi trbaiknya pak sya pngn bget pnya akte krna slah 1 syrat nikah d kua hrs ad akta.trmksh pak

  5. teman saya punya masalah begini n tlg solusinya dibalas ke email ya,pak/bu
    begini,teman saya 7 tahun yang lalu meninggalkan kota medan dan ke solo,terus ktpnya ilang dan ga sempat bwt plg urus,waktu itu teman saya menikah secr agama dg suaminy dan krn banyak masalah akhirnya tertunda pulang ke medan bwt ngurus ktp atau surat kawinnya sampai anaknya lahir dan sekarang sudah berusia 4,5 thn,6 tahun yang lalu orang tua temanku sudah keluarin teman saya dari kk krn dipkr sudah bwt ktp tembak,nah sekarang teman saya pengen pulang ke medan bwt mengurus ktp barunya sklian ngurus akte lahir anaknya..tp masalahnya sekarang ktpnya ilang dan di kk ortuny sudah ga ada namanya.pertanyaan saya:
    1.apa dengan akte lahir teman saya bisa dimasukin kembali dalam kk ortunya
    karena sebelumnya teman saya ga pernah buat surat pindah trus apa aja
    prosedurnya?
    2.setelah ktp nya diurus apa teman saya bisa langsung buat akte lahir
    anaknya dengan memakai kk ortunya?
    3. setelah akte lahirnya selesai diurus,apa teman saya dan anaknya bisa
    langsung mengurus surat pindah?(karena teman saya butuh surat pindah
    buat urus ktp baru disolo dan urus surat nikahnya yang tertunda setelah
    5 thn.

    mohon bantuannya ya
    terima kasih banyak
    2.

    • Sudah saya jawab ya melalui email. Mohon maaf kalau kurang membantu jawabannya, karena lebih banyak tentang tugas dari pihak kelurahan 😀

  6. Terimakasih atas infonya.
    Saya mau tanya dulu setelah menikah saya tidak buru2 bikin kk..pikirnya ah rumah masih ngontrak Jd ada kemungkinan pindah. Setelah punya anak dan butuh membuat akte lahir saya bingung karena tidak ada kk dengan suami dan anak. Pihak bidan mau menguruskan dengan mengambil kk dari tempat saya dan suami yg berbeda. Akte lahir di jakarta selatan sedngkan kmi tnggal di tangerang.permasalahannya adalah ketika kami ingin membuat kk dan anak terdftar di kk itu harus pake surat pindah dr jkarta selatan. Sedangkan kami tidak punya kk dan ktp di jakarta selatan bagaimana mau mengurusnya ke jakarta selatan???mohon dibantu ya.terimakasih

    • Maaf kalau masalah KK itu sudah ranahnya pihak kelurahan bu. Jadi ibu bisa datang ke kelurahan dan tanya bagaimana solusi untuk membuat KK.

      Kalau boleh berbagi pengalaman dulu waktu saya buat KK. Suami saya keluar dulu dari KK keluarganya, mengurus ke kelurahan untuk minta pindah ke alamat rumah saya. Sementara saya juga harus keluar dari KK keluarga saya. Walau saya masih tinggal satu rumah dengan orang tua. Jadi saya pun mengurus kepindahan KK dari ikut orang tua jadi ikut suami. Akhirnya kami memiliki KK sendiri dengan suami sebagai kepala keluarga untuk saya dan anak-anak kelak (pada saat itu). Tentu prosedurnya harus minta keterangan dari RT dan RW baru dibawa ke kelurahan bu. Demikian pengalaman kami dulu bu.

  7. Maaf gan saya mau tanya donk tolong di balas ke email saya aja ya gan,,
    klw misalnya anak lahir di luar nikah,, dan belum membuat aktelahir anak,, trus orang tua si anak nikah setelah 3 thn kelahiran anak,, apa perlu sidang,, dan apa saja persiaratannya,, trus apakah akan di kenakan denda?. Apakah di akte anak akan tetap tertulis anak dari seorang ibu? Tolong di bantu gan iinformasinya,,

  8. Permisi, saya mau nanya, kalo yang nikah siri persyaratan pembuatan akta anak nya gimana? Apa berbeda?
    Terus supaya dapat formulir surat keterangan tidak punya buku nikah dimana ya?
    Anak temen saya sudah dewasa,bagaimana persyaratan bikin akta yang tidak punya buku nikah / nikah siri?
    saya agak bingung dengan postingan anda sebelum-sebelumnya. mohon dijawab kembali pertanyaan saya?

    thx,

    • Persyaratan membuat akte kelahiran anak kan harus ada buku nikah ortu pak. Kalau tidak ada entah karena nikah siri atau karena maaf belum nikah tapi sudah hamil duluan, maka tidak punya buku nikah.

      Untuk yang tidak punya buku nikah maka anak masih bisa dibuatkan akte kelahirannya. Dengan persyaratan yang sama minus buku nikah. Tapi nanti di akte kelahiran hanya akan tercantum “anak seoranga ibu…” tidak bisa dicantumkan nama ayahnya

    • Tidak ada yang diganti pak. Semuanya harus dilengkapi dan dibawa. Karena tidak ada buku nikah, maka hanya 5 yang dibawa.

      Berhubung anaknya sudah besar, kemungkinan surat keterangan lahir dari dokter/bidan tidak ada. Jadi sebagai penggantinya menggunakan ijazah pendidikan terakhir

      • Tapi, klo di tolak pihak capil gimana?
        Soalnya kan disana terbatas buat nanya-nanya begini, dan selalu antri berjam-jam ?? .
        Terima kasih.

  9. Assalamualaikum.. Bagi info nya sis. Sy asli dr jw Timur, alamat ktp, kk, jw Timur Banyuwangi. Sy melahirkan anak sy di bali. Sy smpet mengajukan doc untuk proses kk ma ktp sy,juga sy lampiran akte anak sy yg penerbitan nya dr bali Ubud. Stlh itu pihak cipil bilang kalau akte anak sy tidak sah. Karena kt pihak cipil Banyuwangi seharusnya sy membuatnya di Banyuwangi bukan di bali. Setau sy pembuatan akte bisa dimana saja. Yang sebenernya tu bagaimana sis? Apakah bisa membuat akte kelahiran dimana saja? Karena sy tinggal di bali, tp ktp kk Banyuwangi. Tlg dibantu. Terimakasih

  10. 3minggu yg lalu sy mengajukan doc untuk membuat ktp dan kk baru di Banyuwangi Jawa Timur, dan sy juga melampirkan akte lahir anak yg penerbitan dr bali. Tetapi pihak cipil blg tidak bs, dan akte lahir anak sy di anggap tidak sah, Karena cipil blg seharusnya sy membuatnya di Banyuwangi bukan di bali, lalu sy harus tarik data akte lahir anak sy di bali, dan membuat yg baru di Banyuwangi. Dan lagi” pihak cipil blg susah, harus urus lapor nikah dl di bali, krn sy menikah di bali.Sy jadi bingung, knp susah sekali untuk mendapat akte lahir anak sy. Sebenernya pembuatan akte lahir bisa dilakukan dmn saja apa tidak?.. Tlg di bantu sis. Thx

    • Maaf cipil itu apa ya?

      Loh kok dapat jawaban seperti itu sih dari cipil. Kalau yang mengeluarkan akte kelahiran anak ibu memang dari sudin dukcapil di Bali dan memang resmi, seharusnya itu sah. Dengan alasan apa dibilang tidak sah. Kalau untuk yang sudah telat saja dan beda tempat pengurusan akte dengan tempat lahir saja bisa diurus kok. Waktu saya tanya salah satu petugas di sudin dukcapil pengurusan bisa di mana saja asal melampirkan persyaratannya dengan lengkap.

      Persyaratan terbaru untuk urus akte kelahiran sekarang ini, harus memasukkan nama anak terlebih dulu ke kartu keluarga. Apa karena alasan ini cipil mengatakan tidak sah?

      Saya berasumsi cipil adalah pihak kelurahan. Mohon maaf kalau salah.

      Untuk lebih jelasnya ibu silahkan mendatangi sudin dukcapil terdekat di Banyuwangi

  11. Maaf sya mau nnya..
    Sya bru mau bikin akta kelahiran bwt ade sya.. tapi ortu sya dua”nya udah meninggal.. terus bagaimana cara ngurus n persyaratannya.. apa sm atau bda.. lalu ade sya jg lahirnya dijakarta.. dn umur ade sya jg sdh 11th,kna denda brpa ya kira”?? Dan apa tetap membawa surat nikah ortu sya?? Mohon jawabannya
    Terima kasih

    • Jujur saya tidak tahu pastinya. Tapi kalau saya boleh kira2 jawabannya gini. Sidang sepertinya tidak ya, asalkan bawa saja akta nikah ortu dan surat kematian mereka berdua. Untuk lebih jelas silahkan datang ke sudin dukcapil ya

  12. mohon share infonya.
    untuk pembuatan akta baru anak.pertama bagaimana kalau KTP orang tua beda domisili.

    rencana anak saya masuk kk saya. istri belum bisa masuk kk soalnya belom punya KTP DKI (belum cabut berkas di daerah asal).

    mohon bantuannya.
    terima kasih 😀

  13. Anak saya sudah lewat umur 2 bulan dan ini lagi urus akte kelahiran. Ribet banget ya sekarang, mesti masukin dulu ke KK, ttd RT lagi, balik lagi ke kelurahan, tunggu ttd pak lurah dulu, abis itu fotokopi, trus legalisir dulu fotokopi kk nya. Abis itu masih harus jalan lagi ke sudin dukcapil. Kenapa ssekarang harus masukin KK dulu ya? Jadi teringat perkataan “buat apa dibikin mudah kalau bisa susah”. Capeeedeeee. Dah gitu hanya dikasi waktu 60 hari saja urus akte agar tidak telat. Ckckck.
    Tanya: kalau masih bayi berarti ga perlu syarat no.6 kan?

    • Hehe iya no 6 tidak perlu, untuk bayi di bawah 2 bln masih bisa urus di kelurahan pak. Iya sekarang nama bayinya harus masuk dulu ke KK, alasannya tidak tau kenapa. Tapi memang agak ribet jadinya

  14. Anak sy umur 4th bln Oktober nanti, & blm pnya akte kelahiran smp skrg. Bln Februari kmr suami sdh minta tlg tmnnya buat ngurus bikin akte kelahiran & dimintai biaya 500rb. Tp sayangnya smp skrg akte anak sy blm jdi. Membaca info ini sy jadi pngen ngurus sendiri. Tpi apa betul skrg udh gak ada sidang & gak ada biaya sama sekali utk yg terlambat membuat akte kelahiran? Makasih sblmnya….

    • Diurus saja sendiri bu. Sekarang sudah tidak pakai sidang dan tidak ada denda atau biaya sedikit pun. Asalkan semua persyaratan dipenuhi. Oh iya jangan lupa anak ibu namanya harus didaftarkan atau dimasukan ke dalam KK terlebih dulu ya

  15. alhamdulillah Admin terima kasih buat infonya…
    anak saya yg pertama udah masuk kk dan AKTA pun sudah beres nunggu jadi.
    orang kecamatannya bilang seminggu jadi.

    meskipun bunda nya belum masuk kk karena KTP masih domisili kampung halaman.

    tapi Alhamdulillah diberi kelancaran.

    pengalaman pribadi urus sendiri aja kalo banyak waktu modal cuman parkir di kecamatan. Rp.1000 aja + kas buat kantor RW.seridhonya.

    sekarang ga ribet… :)
    saya sarankan yg baru punya BABY mending langsung buat Akta kelahiran buat BABY nya. biar ga ribet kedepannya.

    #Terima kasih banyak Admin. 😀

    next. bunda nya nanti nyusul ke KK lagi urus Cabut Berkas di kampung.

    • Sama2 pak. Alhamdulillah kalau sudah beres, tinggal tunggu jadi. Ikut senang :). Iya tidak susah kok. Salam buat bayinya pak

  16. malam pak

    saya mau tanya saja, bagaimana ya kalau kasusnya saya sedang proses bercerai dengan suami tetapi akta lahir anak tidak mau diberikan kepada saya oleh pihak suami.

    apa bisa saya membuat kembali akta kelahiran asli? bisakah melalui prosedur akta lahir hilang?

    terima kasih

  17. Saya bikin akte anak melalui rumah bersalin tempat anak saya dilahirkan. Kok udah 5 bulan lebih belum jadi juga. Setiap ditanya ke RB tersebut, bilangnya belum jadi terus. Pertanyaan saya: gimana cara menelusuri sampai dimana prosesnya? yang bikin lama itu dimananya, karena persyaratannya sudah lengkap? Akhirnya semua administrasi/proses yang lain seperti pembaharuan KK, tunjangan anak, dll jadi pending semua

    • Saya kurang tahu pak di mana lamanya kalau sampai 5 bln gitu. Coba saja tanyakan lagi ke RBnya yang benar sudah diurus atau belum. Karena prosesnya tidak lama kalau bayi umur di bawah 2 bulan. Atau bapak coba urus sendiri saja, yang berarti sudah telat dan harus ke Sudin Dukcapil. Jangan lupa bapak masukan dulu nama anak bapak ke KK ya. Baru bawa ke sudin dukcapil beserta persyaratan lainnya

  18. Ass, maaf mau tanya pembuatan akte kelahiran anak yg telat bgm krn skeg anak sy sdh berumur 6 th lbh n brp biayanya n sy tggl dijaksel

  19. Malam,,, saya bikin akte kok ribet bnget ya,di kecamatanpadahal syarat ny dah lengkap, mumpung msh 10 hari lg bisa ngga klo lngsung ke sudin

  20. saya mau tanya, minta jawabannya ke email aja ya.
    Saya mau ngurusin akteu anak , tapi anak saya lahir waktu saya masih nikah siri dan baru punya buku nikah setelah anak saya dua tahun. Apakah dalam akteu anak saya sudah bisa mencantumkan nama bapaknya? karena aturan dulu kan hanya mencantumkan nama ibu saja, tapi yang saya denger katanya berdasarkan keputusan MK tahun 2012 saat ini sudah bisa mencantumkan nama ayahnya. apa betul begitu? terimakasih,,,

  21. Kalo mau urus akte hilang tapi domisili ktp skrng di jakarta sedangkan akte kelahiran jambi. Apa bisa diurus di jakarta?
    Trimakasih

  22. Mohon pencerahan..
    Saya domisili di tangerang
    Rencananya anak saya lahir di tangerang juga tapi
    Ktp saya dan kk saya cilacap karena disini belum punya tempat tinggal
    Yang mau saya tanyakan adalah “bagaimana nantinya proses pembuatan akta lelahiran anak saya ? Di dukcapil tangerang kah atau di cilacap ? Karena anak saya lahir di tangerang tetapi ktp dan kk orang tua di cilacap jawa tengah sedangkan domisili orang tua di tangerang ”

    Jika harus minta surat keterangan lahir dari kelurahan,dimanakah memintanya ?

    Terima kasih tolong di jawab

  23. Maaf mau tanya adik saya kan nikah tp blm dikasih buku nikahnya krn msh dibawah umur hd dia hanya dikasih surat pernyataan sudah menikah dan harus menikah lagi di usia23 dan sekarang dia sudah mempuNyai anak 1th ingin membuat akte kelahiran kk buku nikah. Tp bingung krn ada yg bilang kalo bikin buku nikah dulu nanti nama anak tdk tercantum krn beda tahun kelahiran dan tahun nikah itu gimana ya solusinya

  24. Saya mau nanya,kan anak saya lahir dipacitan jatim sedangkan kk dan ktp saya sekeluarga dijakarta, pertanyaan saya persyaratan apa saja yang hrs saya bawa dri pacitan jatim selain keterangan lahir dri bidan kalo saya membuat akte kelahiran anak saya dijakarta,terima kasih

  25. Selamat Sore Pak, mohon jawaban di kirim ke email saya Pak.

    Begini Pak, anak saya lahir disemarang, namun karena KK dan KTP saya masih Medan jadi saya tidak bisa buat akta lahir anak saya di semarang karena harus buat surat pindah dahulu (rubah KK dan KTP). Namun karena di daerah saya ribet urus surat pindah dan mahal, jadi saya tetap menggunakan kk dan ktp medan. Ketika saya ngurus akta lahir anak sya di disdukcapil setempat dimedan katanya bisa diurus dan saya lega, namun alamat lahir anak saya pada akta tidak bisa di buat lahir di SEMARANG tetapi harus setempat (medan). Mohon pencerahannya Pak apa memang begitu, padahal di beberapa artikel yang saya baca itu tidak ada masalah asalkan berkas2 nya lengkap.

    Mohon jawabanya Pak, terima kasih.

    Salam,

  26. Saya mo tanya. Keponakan saya lahir di pekanbaru, tapi ktp orgtua domisili medan. Berencana ingin berpindah alamat ke jakarta. Apakah bisa membuat akte lahirnya di jakarta? Sedangkan srt lhir dari rumah sakit pekanbaru. Jadi orgtua ya mesti urus srt pindah ke jakarta y? Bkin KK baru lalu msukkn nama ank y? Stlh it bru bkin akte lahir y? Klo lbh dr 2bln msti urus d catatan sipil y? Tq

    • Mohon maaf untuk jawabannya yang lama. Bisa diurus di Jakarta untuk membuat akte. Iya nama anak harus dimasukkan terlebih dulu ke KK. SIlahkan menghubungi Sudin Dukcapil terdekat untuk informasi yang lebih jelas dan tepat. Terima kasih

  27. saya mau tanya, adik saya berusia 17 tahun dan dia belum memiliki akte kelahiran.
    saat ini posisi orang tua saya pisah (belum bercerai) dan sebelumnya mereka belum mendaftarkan pernikahan mereka ke catatan sipil.
    Yang ingin saya tanyakan di kk yg dimiliki keluarga saya saat ini tidak ada nama ayah dan untuk persyaratannya apakah bisa hanya foto copy ktp ibu saja.??
    mohon untuk dijawab pa

    • Mohon maaf untuk jawabannya yang lama ya. Untuk kasus seperti ini berarti adik Anda akan memiliki akte kelahiran dengan nama hanya ibu saja. Jadi di akte hanya akan tertulis “…anak dari seorang ibu…”

  28. Mohon informasinya umur saya sudah 31th dan saya belum punya akte lahir, alamat KK dan ktp tempat tinggal saya sudah beda dengan orang tua saya, pertanyaan saya apa saya harus gabung lg jadi satu di kk ortu saya? Apa cukup bawa kedua KK nx,Terima kasih dibalas di email aja ya.

  29. Maaf kalo bole tanya proses akta kelahiran anak dari ibu wni dan ayah wna masi pake pasport udah nikah resmi, apa prosesnya beda ato sama wni? kalo gak keberatan jwb di email. Trimekasi

  30. saya mau nanya. untuk pengurusan akte kelahiran anak saya persyaratan sudah lengkap cuman mentok di buku nikah beda nama ayah satu hurup antara buku nikah dgn ktp dan kk(ktp dan kk sama namanya). di minta nama ayah diperbaiki dan di cap+paraf dari kua nya. apa gak bisa ngikutin nama ayah sesuai ktp dan kk? tolong di balas ke email saya. terimakasih

  31. Gan #help;

    Gan ane mau bikin akte kelahiran, tp ane binggung persyaratan surat keterangan kelahiran yg asli. Ane umur 26 lahir di madiun tp dari kecil sampai sekarang bertempat tinggal dkalimantan selatan. Nah gimana itu gan solusinya…

  32. maaf sblmnya, bila berkenan mohon di bales leWat email ka..
    Jadi gini..umur saya bulan januari 2016 menginjak 26 thn, saya sudah nikah & punya anak 1. Tapi belum ngurus surat pindah & saya juga blm punya akte Lahir.
    Yg mau saya pertanyakan adalah, bagaimana prosedur bikin akte lahir buat saya, dengan status data” kedua almarhum ortu saya sudah tidak ada 1 pun yg tersisa,
    entah kemana itu data” soalnya ane di tinggal ibu sejak umur 1,5 thn & tinggal bapak saya sekitar umur 12 thn. Mksh sblmnya.

    • Untuk akte anak sebaiknya segera dibuatkan. Sebelumnya nama anak wajib dimasukkan ke dalam KK salah satu orang tua (bila memang ortu belum memiliki KK bersama). Untuk akte anda, Setahu saya kalau untuk yang telah dewasa dan akan membuat akte, akan berdasarkan ijazah terakhir yang dimiliki salah satunya. Agar lebih jelas silahkan menghubungi Sudin Dukcapil

  33. Pak, mohon bantuannya.
    Bagaimana utk membuat akte kelahiran seseorang dg keadaan spt di bawah ini:
    -Usia di atas 50 tahun.
    -Tidak memiliki surat keterangan lahir.
    -Orang tua sudah meninggal dan orang tua tidak ada buku nikah.
    Terimakasih bantuannya

    • Coba menjawab ya Pak. Kalau kondisinya seperti yang bapak sampaikan (orang tua sudah meninggal) mungkin bisa hanya menggunakan ijazah terakhir. Silahkan datang dan tanyakan ke petugas Sudin Dukcapil domisili bapak sekarang

  34. Min mau nanya dong, saya kan udah 17 tahun tapi belum punya akte kelahiran. Pas mau daftar bidik misi jadi bingung soalnya kata guru bk harus ada akte untuk persyaratan juga. Akhirnya saya urus akte sendiri karena orangtua udah broken home dan kerja jauh semua. Nah ternyata nama saya di KK itu keliru, yg benar nama yg di ijasah. Itu gimana ya min? Apa ada kendala nantinya? Masak harus urus KK baru dulu sedangkan orangtua udah proses cerai di pengadilan.

    • Silahkan datang ke Sudin Dukcapil ya biar dibantu dan jelas apa yang harus dilakukan. Mohon maaf saya tidak mempunyai ilmunya. Terima kasih :)

  35. Sis, mau tanya ne, sya mempunyai anak di luar nikah, dikarenakan ibunya meninggal sebelum saya menikah, dan untuk mengurus akte anak saya bagaimana? Sedangkan surat n buku nikah kita ga punya, kk pun tidak ada karna kk saya masi gabung sama orang tua saya, dan kk alm. Istri saya juga masi gabung dengan ibunya, dan untuk menggunakan ijasa pun tidak mungkin karna anak saya baru 2 Thn dan di tambah lagi saya sendiri pun belum ada akte, untuk solusi nya seperti apa yah sist bisa tolong di bantu jawab ke e-mail saya sist?

    Atas bantuan nya saya ucapkan banyak2 terimakasih. :)

  36. Asalamualaikum pak
    Saya mau menanyakan cara pembuatan akte . dlm perkawinan siri dan anak lahir tapi blm bikin akte dan sekarang udh umur 2 tahun tapi ibunya anak2 sudah meningal pas melahirkan dan sekarang anak sama ayahnya ? Pertanyaan saya bagaimana cara bikin karena ibunya sudah meningal .

    • Mohon maaf Ibu, kalau masalahnya seperti itu saya tidak mengetahui jawabannya. Silahkan datangi Sudin Dukcapil terdekat dengan domisili anda. Terima kasih :)

  37. Selamat Sore

    Hari ini, tgl 16 Februari 2016 saya bermaksud mengurus Akte Kelahiran anak dari Adik saya di Dinas Catatan Sipil Bekasi Kota. Akan tetapi, rencana tersebut gagal karena KTP Domisili Istri Adik saya adalah di Medan. Petugas Dinas Catatan Sipil sama sekali tidak membantu hanya mengatakan tidak dapat diproses karena beda Domisili. Yang ingin saya tanyakan, apakah Akte Kelahiran harus berdasarkan Domisili Ibu? Tidak bisa berdasarkan tempat Kejadian lahir? Atau Domisili salah satu orang tua dari Bekasi? Ditunggu jawabannya. Terimakasih.

    • Saya pernah menanyakan ini ke petugas Dukcapil yang ada di Kecamatan tempat saya tinggal. Petugasnya menyatakan diperbolehkan mengurus sesuai dengan salah satu domisili orang tua. Entah kenapa bisa berbeda ya bu perlakuannya, saya tidak memiliki infonya kalau bisa berbeda seperti itu

  38. Sya ko ngurus akte kelahiran anak sya kena biaya 250 ribu y ..! Berarti dia kan pungli , kemana kita mengadukan nya y ..! Sama aja korupsi itu y ..!

  39. Pingback: Pertanyaan Seputar Akte Kelahiran Yang Terlambat | Catatan KecilkuBlog Catcilku

  40. Jadi urutan pembuatan akta lahir itu bagaimana?
    Pertama meminta surat keterangan lahir dari kelurahan, trus kita datang ke kecamatan untuk meminta surat keterangan lahir dari kecamatan, baru setelah itu kita datang ke dinas pencatatan sipil?
    Kalo surat pernyataan luar kawin dapat dimana?
    Saya masih belum mengerti.
    Maaf banyak bertanya, saya berencana untuk membuat akta lahir anak terlambat

    • Urutannya:
      1. Ke rt rw minta surat keterangan membuat akte kelahiran sekaligus surat keterangan untuk mengubah Kartu Keluarga (KK) karena nama anak ibu harus dimasukkan ke KK terlebih dulu
      2. Bawa surat keterangan tersebut ke keluarahan untuk membuat KK baru (mencantumkan nama anak) sekaligus surat pengantar membuat akte kealahiran
      3. Kalau bayi baru lahir maka bawa surat keterangan dari kelurahan beserta kelengkapan lainnya ke Kecamatan untuk dibuat akte kelahiran, tapi kalau sudah telat maka membuat akte kelahirannya di Sudin Dukcapil

      Untuk surat pernyataan luar kawin hanya untuk membuat akte kelahiran anak yang orang tua tidak memiliki akte nikah. Blangko suratnya bisa didapatkan di Sudin Dukcapil.
      Supaya lebih jelasnya silahkan datang ke Sudin Dukcapil. Terima kasih

  41. maaf pak mau nanyak saya lahir di kampung tepatnya di kota gresik.tapi posisi saya di jakarta.semua identitas saya sudah jakarta kayak ktp jakarta kk jakarta kalau seandainya mau bikin akte lahir di jakarta gmna ya?tks

    • Pernah saya tanya petugas Sudin Dukcapil bisa pak. Syaratnya bapak bawa ijazah terakhir, karena bapak sudah dewasa. Baca postingan saya yang lain tentang akta kelahiran. Atau datang ke Sudin Dukcapil supaya dapat informasi yang jelas

  42. saya sudah usia 19 thn tetapi belum punya akte dan dulu kelahiran saya cuma di tangani dukun beranak bagaimana teknisi persyaratan juga teknisi dalam pembuatan akta kelahiran . . .? balas di email aja ea . . . makasih sebelumnya

    • Loh caranya sudah saya tuliskan di postingan ini dek. Silahkan dibaca kembali ya, atau bisa baca postingan saya yang lainnya yang masih berhubungan dengan pembuatan akte kelahiran

    • Maaf, saya tidak mengetahui informasinya kalau terkait hal seperti ini. Apakah sudah ada akta nikahnya? kalau ada mungkin bisa diproses aktenya dengan melampirkan akta nikah. Tapi kalau belum ya berarti nanti status anaknya, hanya akan menjadi anak seorang ibu. Untuk lebih jelasnya silahkan datang ke Sudin Dukcapil bisa di Kecamatan bila anak usianya tidak lebih dari 60 hari

  43. Pak, untuk membuat akte lahir yang sudah dewasa tanpa sidang dan denda apakah peraturan ini berlaku untuk kabupaten bogor juga?

  44. Kalo pembuatan akte anak yg beda ayah, bawa akte cerai harus d legalisir k pengadilan kah? Dan menyertakan KK yg baru ato yg lama? Dan apakah KK juga harus d legalisir? Mohon pencerahannya..

    • Anakkan tetap anak dari ayah dan ibunya. Jadi walau sudah bercerai maka akte anak tetap harus tercantum nama ayah dan ibu kandungnya

  45. Saya rencana lahiran di Bekasi, tetapi KTP dan KK nya bukan bekasi, nanti urus akte bayinya di bekasi ato sesuai sama ktp orangtuanya?

    • Maaf bu saya tidak punya pengalaman dengan kasus ibu. Silahkan hubungi Sudin dukcapil terdekat di kecamatan, supaya mendapat informasi yang lengkap. Semoga lahirannya lancar dan sehat bayi serta ibunya ya :)

  46. saya ingin membuat akte kelahiran ,tetapi tdk memiliki surat keterangan lahir dari dokter ? apa saja syaratnya ?

    • Maaf lama jawabnya. Bisa untuk membuat akte kelahiran yang terlambat, sebagai penggantinya adalah ijazah terakhir

  47. Sis mau tanya, anak saya lahir tahun 2008 .. Sebelumnya saya sudah menikah siri dengan suami saya pada tahun 2007 .. Dan barubtercatat di KUA pada April 2016 kemarin .. Yang ingin saya tanyakan, saya br akan membuat akta kelahiran utk anak saya, tp setelah saya baca2, hanya akan ada “anak dari seorang ibu..” .. Sedangkan suami saya mengingikan agar nama dia juga tercantum di akta kelahiran anak saya .. Kl misalnya seperti itu, apakah bs sis ? Atau ada solusi lain ?

    Tlg reply di email ya sis .. Tq ..

  48. Sore,
    Saya mau bertanya mengenai akte lahir anak saya apa bisa di terbitkan yang baru dengan nama ayahnya terecantum?
    Karena sebelumnya akte lahir anak saya adalah anak ibu.
    Sekarang mau membuat agar nama ayahnya juga tercantum,
    Nikah gereja 2001 anak kelahiran thn 2001 dan 2003 dan pendaftaran pernikahan di catatan sipil 2004.
    Pertanyaannya:
    1. Apakah bisa di proses pembuatan akta lahir yang mencantumkan nama ayahnya
    2. Apakah harus di urus di kantor Dukcapil akte lahir yang sebelumnya dikeluarkan?

  49. Permisi z mau tanya..z udah dewasa belum punya Akte kelahiran,sekarang z baru mau buat..Apa bisa dibuat ?? Terus gimana kalau tidak pake surat. Kelahiran dari kelurahan apa bisa dibuat nantix ?? Trimah kasih

  50. Pak, saya mau tanya. saya sudah menikah dan sebentar lgi melahirkan anak. bagaimana pembuatan akta kelahiran anak tetapi KTP ayah dan ibunya berbeda domisili?? apakah bisa??
    dan juga KK ayah dan ibunya masih masing2 keluarga. bagaimana Pak?? Tks.

    • Semoga dilancarkan proses melahirkannya, bayi dan ibunya selamat dan sehat :).

      Bisa dibuat kok bu akte anaknya, yang penting kelengkapannya sudah ada, salah satunya akta nikah. untuk masalah beda KK pernah saya tanya kepada petugas bisa memilih dimasukkan ke KK ibu atau ayahnya. Karena syarat pembuatan akte kelahiran saat ini harus memasukkan nama anaknya terlebih dulu ke KK orang tuanya. Kalau boleh saran kenapa tidak sekalian saja buat KK keluarga inti ibu, jadi nanti nama ayah, ibu dan anak yang baru lahir sudah dalam satu KK. Untuk informasi lebih jelas silahkan datang dan hubungi petugas di Sudin Dukcapil :)

  51. selamat malam,

    mohon maaf menggangu mohon pencerahanya serta informasinya.
    Nama ibu saya ” Maryati” ( Di KTP )
    ” YATI ” ( Di Surat Nikah )
    ” Maryati ” ( Di Kartu Keluarga )
    ” Maryati ” ( Di ijazah SD)
    ” Yati Maryati ” ( Di dalam kutipan AKTE KELAHIRAN saya )
    saat ini saya ingin meluruskan identitas nama ibu saya,yang sesuai dalam kutipan AKTE KELAHIRAN saya,karna dalam kutipan AKTE KELAHIRAN Adik saya juga menampilkan nama ibu “Yati Maryati ”
    bagaimana cara atw birokrasinya bila ingin menganti semua nama identitas ibu saya agar sesuai dengan dokument yang lain,serta ingin membuatkan akte kelahiran ibu saya atas nama” Yati Maryati ” agar sesuai dengan AKTE KELAHIRAN saya.mohon informasinya,atw bisa di email

    terimakasih

  52. Malam
    Saya mau tanya pak. Untuk membuat akte kelahiran si bayi harus sudah mempunyai NIK?
    Untuk bayi dari nikah sirih berarti masuk ke KK papaku ya alias KK papaku nambah 1 anggota lg? Kmren saya sudah ke kelurahan untuk upgrade KK dgn membawa surat pengantar dari RT dan RW . tp keluaran membutuhkan akta kelahiran untuk menambahkan nama bayi dan mendapatkan NIK bayi. Sdgkan setelah saya urus sendiri aktanya nama bayi harus sudah ada nik nya alias sudah ada di KK. Sampai 6 bulan belom jadi pak aktenya. Saya harus bagaimana ya pak. Minta sarannya pak. Balas ke email saya. Makasih

    • Bayi yang baru lahir bisa diurus aktenya, dengan syarat salah satunya sudah memiliki NIK (sudah ada namanya tercantum di KK orang tua). Kalau untuk anak hasil nikah siri sepengetahuan saya, tidak bisa mendapatkan akte kelahiran (karena syarat mengurus harus ada akte nikah kedua orang tuanya). Karenanya saran saya (maaf) segera jadikan pernikahan ibu sah secara hukum negara (terdaftar di KUA) terlebih dulu. Karena kalau tetap ingin memiliki akte kelahiran, maka nanti akan tercantum di akte hanya …anak dari seorang ibu… tidak akan tercantum nama dari ayahnya

  53. gan saya mau tanya , saya berumur 20 tahun tempat kelahiran di akta kelahiran saya tidak sesuai dengan ijazah yang bener si yang di akta kelahiran , tapi semua data sudah diubah disamakan dengan ijazah kecuali akta kelahiran , terus saya mendaftar ujian korea menggunakan data sesuai dengan ijazah , jika mengubah akta kelahiran bisa nggak ya ?
    *Tolong di balas ke email saya gan*
    Terima Kasih

  54. gan saya mau tanya , saya berumur 20 tahun tempat kelahiran di akta kelahiran saya tidak sesuai dengan ijazah yang bener si yang di akta kelahiran , tapi semua data sudah diubah disamakan dengan ijazah kecuali akta kelahiran , terus saya mendaftar ujian korea menggunakan data sesuai dengan ijazah , jika mengubah akta kelahiran bisa nggak ya ? soalnya kalo ijazah yang diubah saya tidak jadi berangkat kerja ke korea
    *Tolong di balas ke email saya gan*
    Terima Kasih

  55. sist maaf mau tanya saya mempunyai dokumen hasil itsbat nikah dari pengadilan apakah dokumen tersebut bisa dijadikan sebagai pengganti buku nikah sebagai syrt pembuatan akte ank2 saya , jadi buku nikahnya diganti sama dokumen itsbat nikah tersebut.mohon jawab k email saya y sist

  56. Maaf sya mau nanya, sya sdh punya akte tapi akte sya kelahiran kediri krn dulu buatnya d kdiri.. Tapi yang benar kelahiran sya d nganjuk.. Itu bagaimana cara ngrubahnya dan apa saja persyaratannya serta brp biayanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>