Blogger ASEAN Bersatu Mewujudkan Komunitas ASEAN 2015

Kalau bicara kebebasan berekspresi–sangat menarik–terutama bagi para pegiat informasi dan media. Pastinya para peggiat informasi dan media itu sangat mendambakan sebuah kebebasan berekspresi yang seluas-luasnya, sehingga memudahkan dalam menyebarkan informasi yang dimilikinya. Alhamdulillah saat ini di Indonesia tercinta sudah memberikan kebebasan berekspresi tersebut kepada seluruh warganya.

Blogger dan Kebebasan Berekspresi.

Buktinya banyak sekali bermunculan informasi-informasi dengan sudut pandang yang berbeda yang dibuat oleh para blogger, kalau boleh dikatakan sebagai pegiat informasi dan media juga. Sudut pandang yang berbeda dari media utama yang sudah ada yang memiliki pakem-pakem tersendiri dalam menyampaikan informasi. Blog dengan segala keunikannya dapat mengungkapkan informasi yang dimilikinya dengan bahasa yang sangat berbeda sesuai dengan gaya komunikasi dari masing-masing pengelola blog (blogger). Sehingga blog dan bloggernya dapat mewakili aspirasi dari warga negara secara bebas.

Berbeda dengan Indonesia yang sudah memberikan kebebasan berekspresi kepada warganya. Warga negara Filipina malah hingga saat ini masih belum dapat menikmati kebebasan itu. Para pegiat informasi dan media termasuk blogger di dalamnya masih belum dapat berekspresi secara bebas layaknya di Indonesia atau negara anggota ASEAN lainnya. Hal tersebut jelas membuat tidak nyaman, terutama bagi para blogger yang hingga saat ini masih belum memiliki asosiasi yang dapat melindunginya.

Sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan kebebasan berekspresi, asalkan masing-masing pihak memahami apa yang menjadi hak dan kewajibannya. Kesadaran akan hal tersebut nantinya tidak akan muncul lagi adanya intimidasi dan sebagainya kepada para pegiat informasi dan media. Sehingga para penyebar informasi akan dengan nyaman membuat berita dan menginformasikannya. Tentu para pegiat informasi dan media termasuk blogger juga akan lebih bertanggungjawab bila ingin menyebarkan informasi harus sesuai dengan kebenaran.

Jadi kepikiran suatu saat memang ada asosiasi atau badan yang dapat menjadi wadah bagi para blogger di kawasan ASEAN yang dapat memberikan bantuan dan melindungi para anggotanya. Sehingga tidak akan dianggap melanggar kebebasan berekspresi atau bermasalah dengan hukum yang berlaku. Mudah-mudahan keinginan ini dapat terwujud di komunitas ASEAN. Menjadi dambaan kalau blogger se ASEAN bersatu untuk berbagi informasi yang bermanfaat, membantu mewujudkan komunitas ASEAN 2015.

 

 

 

2 thoughts on “Blogger ASEAN Bersatu Mewujudkan Komunitas ASEAN 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>