Berenang di Kolam Renang Indraloka Family Park

⁠⁠⁠Indraloka family parkLiburan sekolah (tengah semester) telah tiba. Anak-anak di rumah sudah mulai libur sejak Jumat. Bertepatan dengan pembagian rapot. Bagi anda yang sudah menyiapkan diri untuk mengisi liburan akan banyak pilihan tempat berlibur. Bisa berwisata ke alam atau tempat rekreasi, di dalam kota atau ke luar kota. Semua tergantung kesiapan dan dana yang dimiliki tentunya. Kami sendiri sebenarnya belum memiliki rencana untuk pergi ke manapun untuk liburan kali ini. Kemungkinan yang paling mudah ya ke toko buku saja.

Liburan kali ini akhirnya bisa juga pergi jalan-jalan ke luar rumah. Kebetulan anak-anak mendapat ajakan dari omnya. Untuk pergi ke tempat wisata daerah Sentul. Karena belum pernah saya izinkan untuk pergi tanpa orang tuanya. Jadilah kami sekeluarga akhirnya ikut pergi juga. Mengawal anak-anak untuk berwisata, sekaligus bersilaturahim ke rumah neneknya. Persiapan dadakan pun dilakukan. Hanya membawa baju ganti dua stel saja cukup. Toh perginya hanya di dalam kota saja–Sentul–dekat dari Jakarta. Pukul sembilan pagi kami pun mulai keluar rumah menuju ke Pondok Ranggon.

Rencana awal ingin pergi ke Sentul tapi urung dan berubah menjadi pergi berenang. Alasannya karena waktu sudah pukul 11.30 jadi sudah kesiangan. Akhirnya harus membuat kesepakatan baru dengan anak-anak agar tidak kecewa. Pilihannya adalah pergi berenang, karena sudah sejak dari rumah membawa perlengkapan berenang. Kolam renang di sekitar Pondok Ranggon ternyata ada beberapa yaitu Al Jannah, Arwana, dan Indraloka. Yang terakhir disebut saya belum lama dengar keberadaannya. Kurang lebih baru dari tahun yang lalu dengarnya, padahal kolam renang Indraloka sudah ada sejak tahun 2010.

Indraloka Family Park

Setelah sholat dzuhur, rombongan kecil kami (4 anak kecil dan 4 orang dewasa) baru berangkat berenang ke kolam renang yang bernama Indraloka Family Park. Hanya butuh waktu 30 menit saja untuk sampai di lokasi yang berada di daerah Ceger, Cipayung. Indraloka Family Park yang berdiri di atas tanah seluas 2 hektar ini ternyata milik A. M. Hendropriyono (mantan Kepala BIN). Saat memasuki kawasan Indraloka Family Park akan terasa seperti memasuki sebuah rumah besar. Sama sekali tidak terlihat seperti sebuah kolam renang. Di kanan kiri bahkan di tengah jalan masuk ditumbuhi oleh berbagai jenis pohon. Membuat tempat ini teduh dan tidak panas.

Kolam renang Indraloka family parkUntuk memenuhi rasa penasaran, saat pulang saya sempatkan diri untuk memoto dan mencatat nama-nama pohon yang ada di sana. Berikut ini adalah beberapa pohon yang saya catat namanya. Pohon kantil, jeruk sitrus, lontar, beringin, mangga, jambu bol, kemiri, lontar, mahoni, jati jumbo, jambu cincalo, sawo durian, ketapang cendana, kelengkeng pingpong, rambutan rapiah, rambutan binjai, sawo kecik, mangga harum manis, mangga apel, terembesi, jambu citra, jambu jamaika, kayu putih, dan sawo manis.

Pohon ketapang cendanaWalabi yang dibiarkan bebas berkeliaranSelain pepohonan di Indraloka Family Park juga ada mini kebun binatang. Yang letaknya sebelum kolam renang. Beberapa hewan peliharaan di tempat ini bahkan dibiarkan bebas berkeliaran. Diantaranya adalah ayam kalkun, angsa hitam, ayam kate, dan walabi (sejenis kanguru tapi dengan ukuran tubuh lebih kecil). Sementara hewan yang berada di dalam kandang adalah aneka burung (salah satunya burung merak) dan landak. Untuk menuju kolam renang Indraloka sendiri para pengunjung diharuskan melewati jalan setapak. Yang rimbun karena kanan kirinya banyak ditumbuhi pepohonan.

Mini museum hewan-hewan diawetkan Sepertinya Indraloka Family Park memang dirancang memiliki konsep eduwisata. Karena selain menyediakan kolam renang dan mini kebun binatang juga ada koleksi hewan-hewan yang sudah diawetkan. Diantaranya ada harimau, ikan arwana, burung cendrawasih, burung merak, heina, walabi, ayam mutiara, babi hutan, dan landak. Griya anti narkoba juga tersedia di Indraloka Family Park. Merupakan tempat yang dikhususkan sebagai penyuluhan kepada masyarakat. Kalau boleh saya bilang griya anti narkoba ini seperti museum kecil. Komplit sekali, hanya sekali bayar untuk berenang kita dapat menikmati semua yang ada di Indraloka Family.

Griya anti narkoba Harga tiketnya terbilang murah, mengingat fasilitas yang diberikan lebih banyak. Pengunjung dengan umur 2 tahun ke atas sudah harus membayar penuh. Dengan uang sebesar Rp. 40.000,- di hari Sabtu dan Ahad, Rp. 35.000,- di hari Senin sampai Jumat anda sudah dapat masuk ke kolam renang Indraloka. Bahkan saat ini sedang ada promo, mungkin karena akhir tahun. Kami saja kemarin mendapatkan 10 voucher potongan harga tiket masuk sebesar Rp. 15.000,- untuk kunjungan berikutnya. Di kolam renang Indraloka pengunjung dapat menikmati 3 kolam yang berbeda kedalamannya. Di sini pun dilengkapi dengan 2 jenis seluncuran dan sebuah water boom kecil. Semua seluncurannya cukup aman untuk anak-anak, dimulai dari umur 4 tahun.

Harga tiket masuk kolam renang indralokaBagi yang ingin mengadakan pertemuan atau pesta, dapat menggunakan balai pertemuan yang disediakan oleh Indraloka Family Park. Menurut petugasnya bahkan dapat disewa untuk pesta pernikahan. Untuk menyewa balai pertemuan membayar 6 juta rupiah bila di pagi atau siang hari. Namun harus berbagi tempat dengan pengunjung lain yang sedang berenang. Sedangkan di malam hari dikenakan uang sewa 7 juta rupiah. Karena sudah tidak ada pengunjung yang berenang lagi, mengingat jam operasional dari kolam renang Indraloka dari pukul 08.00 sampai 17.00. Harga memang membawa perbedaan, karena di malam hari lebih terjaga privasinya.

Balai pertemuan di indraloka family park

Incoming search terms:

  • kolam renang indraloka
  • kolam renang daerah pondok ranggon
  • kolam renang indr
  • kolam renang indra loka
  • kolem renang indra loka
  • luas kolam renang indraloka
  • masuk indraloka kebin binatang

6 thoughts on “Berenang di Kolam Renang Indraloka Family Park

  1. Wah asik seklai berenang. Saya jugaseneng banget kalau ke luar kota mampor kolam renang.

    Mungkin karena anak pantai jadi seneng vanget nuemplung air yang tidak asin alias kolam renang.

    Keren kolam renangnya ada tempat edukasi Anti Narkoba-nya.

    Lama sekali aku tak BW ke blog yang kece ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>