Berbagi Informasi dengan Local Guides

daftar sebagai local guidesBulan Februari hampir saja sampai di penghujungnya, saya mencoba membuat postingan untuk blog catcilku lagi. Dengan ditemani hujan yang mengguyur cukup lebat di Jakarta, sejak hari Sabtu yang lalu. Semoga tidak ada masyarakat yang terkena imbas—banjir—luapan dari air hujan yang sudah tidak dapat ditampung lagi oleh sungai-sungai atau kali yang ada.

Beberapa hari lalu saya sudah membuat cerita glamping di Mongolian camp, anda dapat membacanya dengan mengklik tautannya. Seperti biasa setelah menyelesaikan satu tulisan dan dipublish ke blog, saya pun membagikan tautan dari postingan tersebut. Ke beberapa media social yang dimiliki seperti facebook (diberbagai komunitas blogger yang saya ikuti), G+, dan twitter. Tujuannya, tentu saja agar ada yang membacanya. Setelah membagi tautan biasanya saya mengecek, apakah tautan dari postingan yang sudah dibagikan itu telah muncul di mesin pencari google. Biasanya sih kalau mujur sudah langsung muncul di halaman pertama, bila saya membagikan tautannya di G+.

Kemarin itu ceritanya, setelah saya menuliskan kalimat glamping di Mongolian camp di kotak pencarian dari mesin pencari google. Tautan saya di G+ langsung ada di halaman pertama. Seperti melakukan pencarian lainnya, di sisi sebelah kanan dari halaman hasil pencarian ada sebuah kotak yang berisi foto-foto dan review (ulasan) tentang tempat yang sedang dilakukan pencariannya. Yang memajang foto dan melakukan review tentu saja orang-orang yang sudah pernah mengunjungi tempat yang dicari di kotak pencarian google. Kesempatan kali ini saya merasa penasaran sekali dengan tombol review yang ada, walau sudah sering melihatnya tapi selalu dilewati begitu saja.

Terbukalah sebuah pop up, bila menekan tombol review—write review—tepatnya. Pop up yang disediakan kepada siapa saja yang ingin menuliskan review dan memberikan peringkat dengan deretan bintang-bintang (ada lima) disesuaikan dengan tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pembuat review. Kemana saja ya saya selama ini, sampai tidak tahu tentang tulis menulis review di google :). Setiap kali menuliskan review, maka akan mendapatkan poin-poin sebagai penghargaan yang diberikan oleh google, karena dianggap telah membantu untuk melengkapi informasi di mesin pencari dan google maps.

penawaran bergabung menjadi local guides

Poin yang diberikan tentunya dapat dikumpulkan dan akan memiliki manfaat bagi pembuat review, antara lain dapat mengikuti workshop yang diselenggarakan oleh google sampai dengan dapat mencoba lebih dulu produk yang dibuat oleh google sebelum ditawarkan ke pasar. Yang terakhir disebut tergantung level yang dicapai, semua ditentukan oleh poin yang berhasil dikumpulkan. Bagi anda yang sering membuat review di google, akan rugi kalau sampai tidak terdaftar sebagai local guides. Apalagi untuk para penjelajah atau pelancong sepertinya wajib daftar sebagai local guides. Caranya gampang hanya tinggal sign up dengan menggunakan surel gmail yang anda miliki. Selanjutnya anda sudah terdaftar menjadi salah satu local guides.

Berbagi Informasi dengan Local Guides

Berbagi informasi dengan local guides kok bisa? Sebenarnya apa sih Local guides dan apa hubungannya dengan tulis menulis review yang sudah diceritakan di atas? Jadi gini, local guides bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah pemandu lokal. Kalau disebut sebagai pemandu, berarti ada informasi yang dibagikan oleh si pemandu kepada orang lain yang tidak mengetahuinya. Informasi yang dibagikan tentu bisa tentang apa saja. Berhubung local guides di mesin pencari google ini berhubungan dengan google maps, maka yang dibagikan tentu saja untuk memperkaya informasi di google maps. Biasanya sih tentang suatu tempat antara lain tempat wisata, tempat makan, sekolah, dan sebagainya. Jadi siapa pun orangnya (saya dan anda) bisa ikut bergabung dan berbagi informasi dengan local guides kepada dunia. Tidak ada batasan berapa jumlah review yang dibuat, semakin banyak review dibuat maka semakin banyak informasi yang dibagikan. Itu berarti semakin bertambah banyak pula poin yang akan didapatkan.

Mencoba membuat review kolam renang

Local guides sangat cocok bagi anda yang senang menjelajah, menemukan hal baru kemudian berbagi informasi kepada dunia. Tidak melulu harus tempat yang jauh yang baru pertama kali anda datangi untuk direview. Bahkan toko sebelah rumah anda pun bisa menjadi bahan review anda, asalkan memiliki nilai tambah. Misalnya ada warung Mie Aceh di lingkungan tempat tinggal anda, yang ramai sekali dikunjungi oleh orang. Bahkan setelah anda coba rasanya pun memang enak dan dari segi harga sangat murah. Nah, anda dapat berbagi informasi dengan local guides tentang warung mie aceh ini dengan cara dibuatkan reviewnya. Dengan begitu semua orang di seluruh dunia dapat menemukan warung mie aceh ini. Anda akan memiliki dua manfaat sekaligus loh, yang pertama anda berbagi informasi dengan orang lain yang sedang mencari mie aceh yang enak rasanya dan murah harganya. Sementara yang kedua, anda akan membantu mempromosikan warung lokal dekat dengan rumah. Yang berarti akan menambah pelanggan baru bagi pemilik warung aceh tersebut, sama pula artinya anda menjadi jalan rezeki bagi orang lain.

Anda tertarik berbagi informasi dengan local guides dan mendapatkan manfaatnya?Silakan bergabung melalui tautan ini https://www.google.com/local/guides dan kumpulkan poinnya.

2 thoughts on “Berbagi Informasi dengan Local Guides

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>