Bedug Keliling Di Ramadhan Pertama

image

Hari ini tepatnya tanggal 29 Juni 2014. Sebagian besar umat muslim di Indonesia memulai puasa Ramadhan 1435 H. Saya katakan sebagian karena ada beberapa muslim yang telah memulainya terlebih dahulu.

Adanya perbedaan tersebut menjadikan sebuah rahmat tersendiri bagi umat muslim. Tidak perlu ada yang dipertentangkan, karena Islam itu indah dan menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Ramadhan tahun ini saya mulai mengajarkan puteri sulung saya untuk berpuasa. Tepatnya untuk berpuasa hingga bedug Maghrib. Karena pengajaran puasanya sendiri sudah dimulai sejak sulung berumur 3 tahun.

Sebenarnya secara tidak sengaja sulung diajarkan makan sahur. Sebagai rangkaian ibadah puasa. Tidak sengaja karena pada awalnya belum ingin mengajarkannya dan hanya baru ingin memperkenalkannya saja, mengingat masih berumur 3 tahun. Tapi sulung ternyata ikut bangun pada saat kami ingin sahur.

Akhirnya saya pun mengajaknya untuk makan sahur. Sekaligus mulai memperkenalkan dan mengajarkan sahur dan puasa. Begitulah hingga sekarang tahap mengajarkannya untuk puasa hingga bedug Maghrib nanti.

Tidak sulit mengajarkan kedua puteri saya untuk bangun pagi. Walau namanya anak-anak tetap harus perlu bimbingan, saat rasa malas dan manjanya datang. Masih dalam tingkat kewajaran. Seperti tadi sulung telah bangun sendiri pada pukul 3.15,sebelum saya bangunkan.

Bedug Keliling Di Ramadhan Pertama

Adalah bedug keliling yang membantu membangunkan. Selain saya dan anak-anak juga orang-orang di sekitar perumahan pastinya mendengar bunyi bedug keliling itu. Jadi tanpa memasang jam weker pun sudah dapat bangun dengan sendirinya. Cukup dengan menunggu datangnya bedug yang ditabuh keliling oleh anak-anak kecil hingga Anak Baru Gede (ABG).

Bedug keliling ini memang tiap bulan Ramadhan ada. Semenjak tahun 2010 saya dan keluarga tinggal di rumah yang sekarang. Di daerah rumah yang lama pun bedug keliling serupa ada. Tapi bedug dengan orang-orang yang sama atau beda saya kurang mengetahuinya. Pertama lewat sekitar pukul 2 dini hari.

Bedug keliling ini entah siapa yang menggerakkannya. Apakah ada yang mengkoordinir? atau yang membiayai? Saya masih belum memiliki infonya. Yang jelas keberadaannya sangat membantu dan memberi warna tersendiri di setiap Ramadhan. Semoga juga menjadi amal kebaikan bagi mereka.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1435 Hijriyah.

2 thoughts on “Bedug Keliling Di Ramadhan Pertama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>