Bazar Ramadhan di TKIT Permata Bunda

Bazar dan santunan TKIT Permata Bunda

Bulan Ramadhan memang bulan yang membawa keberkahan bagi seluruh alam. Keberkahannya tidak hanya dirasakan oleh umat muslim tapi juga seluruh manusia.

Pada bulan Ramadhan banyak sekali pedagang dadakan. Yang hanya sekali berdagang ya pada saat Ramadhan saja. Hari-hari lainnya mereka tidak menjadi pedagang. Dari pedagang itu pun tidak semuanya muslim. Jadi terbukti ya kalau Ramadhan adalah bulan yang berkah. Semua orang akan merasakannya.

Selain dari kegiatan jual beli, ada juga kegiatan santunan dan bazar.  Maksudnya bazar murah yang diselenggarakan oleh orang yang mampu (muzaki) diperuntukan bagi orang yang tidak mampu (mustahik). Ada nilai yang diperlihatkan dari kegiatan itu. Yaitu nilai berbagi kepada sesama.

Bazar Ramadhan di TKIT Permata Bunda

Kemarin Sabtu 19 Juli, saya menghadiri undangan sebuah bazar dan santunan. Kebetulan yang mengadakan adalah saudara sendiri. Di bawah Yayasan Fitrah Insani, bazar dan santunan dilaksanakan di sebuah sekolah Islam terpadu. Tepatnya di TKIT Permata Bunda yang berada di jalan Galur Sari, Utan Kayu Selatan, Jakarta Timur.

Bazar Ramadhan di TKIT Permata Bunda dengan tema berbagi memang diselenggarakan untuk masyarakat yang tinggal di sekitar sekolah. Di bazar itu beberapa kebutuhan di jual dengan harga yang lebih murah. Diantaranya ada gula pasir, minyak goreng, beras, sirup. Rata-rata dijual dengan harga 10 ribu rupiah saja. Dengan harga lebih murah 3000 dari harga di warung tentu saja akan diserbu oleh masyarakat.

Dengan begitu penyelenggaraan bazar di TKIT Permata Bunda menjadi sedikit melenceng dari tujuan awal, yaitu hanya untuk kaum dhuafa. Karena nyatanya yang datang membeli bukan dari kalangan dhuafa saja. Tapi juga dari orang-orang yang mengaku dhuafa. Ya begitulah mental masyarakat yang ada. Semoga ke depannya masyarakat sudah memiliki mental yang baik.

Terlepas dari ada sebagian pembeli yang mengaku dhuafa di Bazar Ramadhan di TKIT Permata Bunda. Panitia dan penyelenggara bazar tetap ikhlas melakukannya dan tetap melayani pembeli yang datang ke bazar. Karena hanya mengharapkan pahala dan balasan dari Zat Yang Maha Kaya saja.

3 thoughts on “Bazar Ramadhan di TKIT Permata Bunda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>