Bahagianya Bisa Memberi Angpao

Bahagianya bisa memberi angpaoRamadhan dan Idul Fitri bulan yang penuh berkah dan selalu menyenangkan, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Untuk anak menjadi waktu spesial untuk belajar berpuasa pada saat Ramadhan demikian pula untuk orang tuanya sebagai proses lebih mendekatkan diri kepada anak sekaligus mengajarkan anak berpuasa. Jelang Idul Fitri maka lain lagi ceritanya baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Orang dewasa yang bekerja dan sudah menjadi orang tua tentunya waktu mendekati Idul Fitri ada persaan H2C (harap harap cemas). Ketika uang THR yang belum juga keluar dan dibagikan oleh tempatnya bekerja. Sudah sama-sama tahulah kalau uang THR akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan jelang dan saat Idul Fitri. Kalau sudah terima THR maka akan sumringah dan lega ketika membawa uang itu sampai kepada keluarga di rumah. Tentu langsung dibelanjakan keperluan uIdul FItri, baik untuk makanan, pakaian, dan yang terpenting ziswaf.

Orang tua sudah mendapatkan THR maka giliran anak-anak yang tadinya H2C juga, akhirnya ikut senang dan bahagia. Karena telah tiba waktunya bagi mereka untuk mendapatkan jatah, baik itu baju, sendal/sepatu baru, dan sebagainya. Anak-anak di rumah sampai sekarang belum mengerti mengenai THR. Baju baru untuk Idul FItri pun sebenarnya tidak mengkhususkan, hanya saja suka merasa kasihan kalau harus berbeda dengan teman-teman dan saudarany bila berbeda. Jadi mau tidak mau membelikan mereka juga minimal satu baju saja.

Kebiasaan kami sekeluarga yang tidak mudik lumayan bisa menghemat uang yang keluar, jadi kalau mau bisa menyisihkan uang THR yang didapat untuk ditabung. Tapi nyatanya uang THR senengnya dihabiskan :). Tentu dihabiskan tidak hanya untuk belanja konsumtif, karena akan sangat merugi bila kami melakukan hal tersebut. Jadilah harus dibagi-bagi untuk hal yang lebih bermanfaat, yaitu ziswaf.

Bahagianya Bisa Memberi Angpao

Ramadhan dan Idul Fitri waktunya untuk saling berbagi. Salah satu bagian dari berbagi itu adalah angpao (pinjam istilah orang Cina). Angpao di sini bisa dalam berbagai bentuk ya, bisa uang, bingkisan seperti baju, sarung, mukena, sembako, dan sebagainya. Besar kecilnya isi angpao tergantung dari si pemberi angpao dan disesuaikan dengan uang yang dimiliki. Hikmah dari pembagian angpao menurut saya adalah berbagi kebahagiaan dari harta yang dimiliki. Kebahagiaan di sini bukan hanya milik orang yang menerima angpao, tapi justru kebahagaiaan yang dirasakan oleh si pemberi angpao.

Bahagianya bisa memberi angpao, merupakan timbal balik yang akan didapatkan dari keikhlasan berbagi. Melihat senyum dan ucapan terima kasih dari mereka yang diberi angpao sudah menjadi kebahagiaan tersendiri. Tidak percaya? coba saja sendiri, berikan angpao kepada orang yang anda ingin berikan. Yang paling terasa kebahagiaannya adalah saat berbagi angpao kepada orang yang tidak ada hubungan saudara.

12 thoughts on “Bahagianya Bisa Memberi Angpao

  1. Alhamdulillah Lebaran kemarin juga bahagia memeberi angpao… Seperti memoar sewaktu kitabkecil yang tersenyaum saat menerima uang lebaran.

    Sungguh indahnya ya mbak

    Salam…

  2. Bener, mbak; momen angpao itu adalah momen terindah. Dulu kalau silahturahmi ke rumah yg bagi recehan, bisa sampe dua tiga kali. apalagi kalau penghuninya sudah sepuh, wah, bisa berkali-kali deh.

  3. Kalo kita memberi lalu terasa menyenangkan itu tandanya berkah (menurut saya). Kata Ippho Santosa sedekah itu juga menyehatkan karena rasa senang yang ditimbulkan oleh sedekah akan meningkatkan seretonin.
    salam

  4. Memang acara bagi-bagi angpao itu adalah hal yang paling dinanti ya saat Lebaran. Dari uang angpao aku dulu bisa beli beberapa barang yang sudah lama diidamkan. Sayangnya di keluarga aku beberapa tahun belakangan ini tradisi bagi-bagi angpao sepertinya sudah dihapus. Masih ada sih om tante yang suka kasih tetapi ya individu aja. Nggak rame-rame baris seperti dulu waktu aku kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>