Aneka Lomba Tujuh Belasan Memeriahkan HUT RI ke-69

Panjat pinang

Kemarin hari kemerdekaan tanah air-Indonesia-tercinta yang ke-69. Seperti biasa ada upacara bagi para siswa sekolah negeri dan para PNS. Selanjutnya tentu saja akan ada berbagai lomba yang telah dipersiapkan pengurus RT dan atau RW. Biasanya aneka kegiatan dan lomba untuk memeriahkan ulang tahun RI ini dikenal dengan sebutan tujuh belasan atau agustusan

Aneka Lomba Tujuh Belasan Memeriahkan HUT RI ke-69

Aneka kegiatan tujuh belasan yang menarik telah dipersiapkan. Terlebih setelah 2 tahun berturut-turut 17 Agustus jatuh pada bulan Ramadhan. Kali ini masyarakat tentu saja merasa terobati dan terhibur dengan adanya perayaan tujuh belasan atau agustusan. Aneka lomba digelar dan diikuti, tanpa melihat hadiah yang disediakan panitia. Yang terpenting adalah berkumpul dan bertemu tetangga dan warga lainnya tentu saja menjadi hadiah yang menyenangkan. Lomba agustusan biasanya diperuntukan bagi masyarakat, dimulai dari anak-anak hingga ibu-ibu dan bapak-bapak. Seru-seruan lomba tujuh belasan menambah keakraban antar warga. Tentu saja ini menambah energi yang positif.

Tujuh belasan atau agustusan biasanya identik dengan lomba makan kerupuk dan balap karung. Bahkan di kelurahan atau di kecamatan tertentu akan ada pawai keliling satu wilayah. Yang berpartisipasi tentunya para warga, dengan aneka kostum yang dipakai untuk menarik perhatian atau sekedar lucu-lucuan mengundang tawa. Selain itu juga ada kendaraan-kendaraan yang dihias, seperti sepeda atau motor. Kalaupun ada lomba-lomba yang lainya seolah hanya sebagai pelengkap saja.

Perlombaan dan aneka kegiatan tujuh belasan biasanya digelar dilapangan terbuka, namun karena sekarang sudah sangat sulit ditemui lapangan. Maka jalan raya menjadi alternatif digunakan sebagai tempat kegiatan tujuh belasan dan lomba agustusan. Kemarin banyak kendaraan kesulitan untuk lewat, karena banyak jalan yang dipakai dan ditutup. Sehingga harus dialihkan ke jalan lain. Sayangnya jalan lain pun ditutup, karena lomba yang diadakan pada waktu yang bersamaan.

image

Di RW saya lomba tujuh belasan diadakan persis di depan rumah, karena kebetulan yang jadi RW adalah ibu pemilik rumah di depan rumah saya. Sudah sejak Jumat tenda dipasang tiang-tiangnya. Selain untuk lomba juga untuk acara tasyakuran. Lomba dibanjiri oleh aneka hadiah kejutan yang berupa payung, tas, mi instan, dan sebagainya. Karena saya sudah pergi sejak pagi menemani anak yang diajak berenang oleh Pakdhenya, jadi tidak bisa mengikuti lombanya. Tapi saat pulang dari renang sempat juga melihat pembagian hadiah kejutan dan sebagian lomba yang masih berlangsung. Yaitu lomba menangkap belut untuk dimasukan ke dalam botol bekas minuman teh.

Pembagian hadiah kejutan

Pada sore harinya saya pergi keluar dengan saudara untuk jalan-jalan sore. Melewati daerah Kebon Nanas tepatnya di seberang sebuah universitas swasta sedang ada lomba panjat pinang. Jadilah mengundang kemacetan, karena setiap kendaraan yang lewat penasaran ingin berhenti sebentar untuk melihat keseruannya. Bahkan pengendara motor banyak yang dengan seenaknya menghentikan dan memarkirkan motornya di pinggir jalan. Akhirnya makin membuat jalan menjadi macet.

Selain aneka lomba tujuh belasan memeriahkan HUT RI ke-69 biasanya juga diadakan acara syukuran atau tasyakuran. Sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan yang masih bisa dirasakan hingga kini. Tasyakuran diadakan pada malam hari, bisa malam menjelang tanggal 17 Agustus atau malam hari setelah tanggal 17 Agustus tersebut. Pada acara tasyakuran biasanya suka ada tumpeng, bahkan ada yang dilombakan pula. Bila pun tidak dilombakan, tumpeng akhirnya dimakan bersama para warga yang hadir. Seperti pada malam Ahad kemarin, pas di depan rumah ada tasyakuran yang dimeriahkan dengan pemotongan tumpeng. Akhirnya saya melalui blog catcilku ini mengucapkan:

Dirgahayu RI ke-69, semoga tambah makmur, sejahterah, dan bermartabat 

Incoming search terms:

  • lomba hut ri lucu
  • lomba tujuh belasan yang lucu
  • Lomba tujuh belasan
  • aneka lomba tujuh belasan
  • hadiah tujuh belasan
  • hadiah yang bagus untuk ibu2 di hut ri
  • hadiah tujuh belas
  • lomba tujubelasaan yg lucu
  • hadiah lomba ibu2 agustusan
  • lomba apa anak2 yang paling lucu untuk tujuh belasan

4 thoughts on “Aneka Lomba Tujuh Belasan Memeriahkan HUT RI ke-69

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>