Aneka Lomba Agustusan yang Diselenggarakan di RW 012 Utan Kayu Selatan

Tidak terasa bulan Agustus sudah hampir sampai di pertengahan. Tandanya hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia hampir tiba. Sudah hampir dua pekan warga masyarakat menghias lingkungannya. Dengan aneka ukuran bendera merah putih, spanduk, gapura, dan umbul-umbul. Komplit, melengkapi partisipasi masyarakat untuk menyambut perhelatan olahraga tingkat dunia. Asian Games ke-18 yang akan diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus-22 September 2018 di Jakarta.

Perayaan HUT Kemerdekaan terasa hambar bila tidak ada lomba. Untuk yang satu itu paling ditunggu oleh anak-anak. Selain perlombaannya juga betabur hadiah. Walau isi hadiahnya juga tidak besar, tetap membuat hati gembira. Postingan ini adalah cerita aneka lomba agustusan di lingkungan rumah. Setelah lomba rangkaian kemeriahan perayaan HUT RI biasanya akan ada pawai dan syukuran. Cerita pawai bisa anda baca di postingan dengan judul ikut pawai antar RW di perayaan HUT RI. Lomba agustusan di rumah kami kali ini diadakan pada hari ini. Ahad, 12 Agustus. Dari jam 8.00 pagi anak-anak sudah diinfokan oleh tetangga dekat rumah tentang aneka lomba agustusan kali ini. Langsung saja mereka bersemangat untuk ikut lomba. Terutama kakak tengah, dia yang paling tidak sabar ingin ikut lomba. Malah sudah tanya sejak beberapa bulan lalu. Alasannya mau ikut lomba mewarnai biar dapat hadiah lagi seperti tahun lalu 😁.

Selesai mandi dan pakai baju, kakak dan adek sudah tidak sabar minta diantar. Kegiatan aneka lomba agustusan kali ini diselenggarakan di kantor rukun warga (RW). Sama seperti tahun lalu, yang berarti sudah dua kali ini penyelenggaraannya dipusatkan di kantor rukun warga. Setelah siap, saya bertugas mengantarkan anak-anak untuk mendaftar lomba. Suasana di depan kantor RW sudah ramai dengan anak-anak saat kami tiba. Ada juga beberapa orang tua yang mendampingi anaknya untuk mendaftar lomba, seperti saya. Lomba yang disediakan antara lain: makan kerupuk, bendera, kelereng, minum susu UHT, mewarnai, bola terong, sedotan karet, paku botol, pecah balon, rebutan kursi, dan semangka koin. Kakak dan adek melakukan pendaftaran lomba yang mereka inginkan. Sementara saya hanya menunggu di seberang meja pendaftaran. Membiarkan mereka belajar berani. Daftar sudah, tapi aneka lomba agustusan untuk anak belum akan dimulai. Jadi kami pergi dulu, untuk mencari nasi uduk dan lontong sayur dulu untuk sarapan pagi.

Alhamdulillah, perut sudah kenyang. Nasi uduk dan lontong sayur Padang baru saja berpindah tempat ke perut. Anak-anak sudah langsung izin untuk menyamper temannya. Saya pun ikut membuntuti mereka bertiga ke rumah temannya yang berada di gang samping rumah. Kami pun bersama-sama menuju tempat lomba agustusan di kantor RW. Ternyata selain aneka lomba agustusan untuk anak, panitia juga mengadakan lomba untuk ibu-ibu. Ada dua jenis lomba untuk para ibu. Yaitu lomba fisik seperti anak-anak dan lomba masak aneka makanan. Untuk lomba masak aneka masakan, saya tidak mengikutinya. Hanya sempat melihat dan memotonya saja sambil mengantar anak mendaftar lomba tadi pagi.

Sampai di kantor RW untuk kedua kalinya, pada jam 9 lewat situasi sudah makin ramai. Ternyata Bapak RW sedang memberikan sambutan. Anak laki lebih mendominasi jumlahnya dibandingkan anak perempuan. Lomba makan kerupuk yang pertama kali diselenggarakan oleh panitia. Kakak adek dan temannya kebetulan tidak mendaftar untuk lomba ini. Alasan kakak tidak ikut lomba makan kerupuk, karena jijik. Dia teringat saat melihat lomba kerupuk tahun lalu. Tali rafia pengikat kerupuk ikut terjilat oleh peserta lomba. Kebetulan kakak satu ini termasuk anak yang sangat jijikan. Alasan nona kecil cukup bisa diterima 😁.

Saya dan beberapa tetangga (yang sempat ngobrol) merasakan penyelenggaran aneka lomba agustusan di RW tahun ini terasa berjalan sangat lambat. Entah karena jumlah peserta yang terlalu lama atau jumlah aneka lombanya terlalu banyak atau jumlah panitianya yang tidak sesuai. Pengaturan waktu dan urutan lombanya pun terlihat kurang pas. Kekurangan dan kelebihannya saya apresiasi kepada panitia yang sudah bersedia meluangkan waktunya mengurus lomba agustusan. Bila ada kekurangan dimaklumi, mungkin karena panitia didominasi oleh remaja (ABG) 😁.

Aneka Lomba Agustusan yang Diselenggarakan di RW 012 Utan Kayu Selatan

Dari pukul 9.30 pagi hingga 3.40 sore hari anak-anak mengikuti aneka lomba agustusan yang diselenggarakan di RW 012 Utan Kayu Selatan. Sementara saya hanya mengikuti mereka saja sambil mengambil foto. Walau tidak ikut lomba, ternyata ada rasa lelah juga. Karena tempat perlombaan yang berpindah-pindah. Hanya selisih jaraknya 10 meteran. Yang satu ada di halaman depan kantor RW. Sementara area lomba lainya ada di jalan samping kantor RW. Tepatnya berada di samping masjid. Saya sempat menonton dan memoto aneka lomba agustusan yang diselenggarakan oleh pihak panitia, yaitu:
1. Memasukan paku ke dalam botol: peserta adu kecepatan untuk memasukan ke dalam botol bekas minuman. Sebatang paku yang sebelumnya sudah diikatkan dipinggang dengan menggunakan tali. Kakak mendapatkan urutan kedua

2. Kelereng: peserta menuju satu titik dan kembali ke titik awal. Sambil membawa sendok yang berisikan kelereng di atasnya. Siapa yang tercepat membawa kelerengnya dengan selamat, dialah yang menang

3. Sedotan karet: peserta berusaha sebanyak mungkin memindahkan ke dalam gelas yang berada di seberang. Karet yang berada di hamparan terigu dalam wadah dengan menggunakan sebuah sedotan. Lomba ini baru pertama kalinya diadakan.

Ketiga lomba itulah yang diikuti oleh kakak dan adek. Sampai Ashar anak-anak tetap antusias mengikuti ketiga lomba itu. Sepertinya mereka berdua tidak ada rasa capek sama sekali. Beda dengan putri kecil yang masih berusia 3 tahun. Masih belum mengerti apa itu lomba, hanya sekedar ikutan kakaknya saja. Sebenarnya adek bungsu sudah saya daftarkan ikut lomba minum susu UHT. Tapi sayangnya batal ikut, karena sudah pulang sebelum waktu lomba dilaksanakan. Saya antar dia pulang ke rumah, karena sudah mulai rewel. Pertanda sudah haus ingin minum sufor sekaligus mengantuk ingin tidur. Setelah adek tidur saya pun kembali menengok dan menunggui nona dan gadis kecil yang ikut lomba. Jadi sepagian sampai jelang ashar, mondar mandir rumah dan arena perlombaan di kantor RW.

Ada jeda antara lomba untuk anak-anak. Diselingi dengan lomba untuk para ibu-ibu yang sempat saya tonton. Upaya untuk menonton harus diikuti dengan berpindah-pindah. Baca terus ya cerita aneka lomba agustusan, supaya tahu lomba yang diadakan khusus untuk para ibu.

1. Memecahkan balon berisi air: dilakukan dengan mata tertutup, peserta harus memecahkan balon berisi air dengan menggunakan sebatang paku

2. Main bola dengan terong: peserta adu cepat menendang bola ke titik tujuan. Hanya saja tendangan dilakukan dengan menggunakan terong yang sudah diikat dengan menggunakan tali.

Dari sepuluh aneka lomba agustusan yang diselenggarakan di RW 012 Utan Kayu Selatan, saya hanya berhasil menonton 5 lomba saja. Sebelum ashar saya sudah tidak tahan dan memilih untuk pulang. Sementara anak-anak pulang setelah azan ashar. Malam ini saya sekalian ingin mengucapkan:
Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73

19 thoughts on “Aneka Lomba Agustusan yang Diselenggarakan di RW 012 Utan Kayu Selatan

  1. ini finalnya pas 17an ya? wah seruuu banget. aku dulu kan pernah aktif di Karang Taruna trus sempet jadi panitia 17an juga, lomba-lombanya beraneka macam. dari anak kecil sama orang dewasa ada semuanya. aahh jadi kangen seru-seruan di wilayah rumah pas 17an

  2. Di sekolah anakku udah pada lomba mba jadi pas tanggal 17 tinggal upacara plus bagi-bagi hadiah hehe. Btw lomba main terong juga ada tuh di lingkungan saya dan tiap taun pasti ada lomba itu haha.

  3. Kalau anak anak sekolah udah mulai ya.
    Aku 17 agustus mulainya sore dengan lomba futsal . Nah 18 agustusnya full.dari pagi-selesai pembagian hadiah. Nggak ada panggung karena bosen dan dana lumayan ya kalau ada panggung.

  4. Meskipun hadiahnya cuma apa sih gitu tapi seneng banget klo bisa menang lomba tujuh belasan. Aku juga ikut lomba makan telor. Menang dong hahaha kan ibu ibu lain snegaja makan telornya dikit krn tkt gemuk 😀

  5. Pingback: Ikut Pawai antar RW di Perayaan HUT RI | Catatan KecilkuBlog Catcilku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>