Alasan Memilih Tempat Melahirkan

Melahirkan di mana

Apa yang perlu dipersiapkan oleh ibu hamil (bumil), selain perlengkapan bagi bayinya?

Tentu saja tempat di mana bumil akan melahirkan bayinya.

Ada sebagian bumil yang telah mempersiapkan tempat untuk melahirkannya sama dengan tempat dirinya memeriksakan kehamilan tiap bulannya.

Alasan Memilih Tempat Melahirkan

Ada kalanya juga tempat memeriksakan kandungan berbeda dengan tempat melahirkan bayinya. Berbagai alasan yang menjadi penyebab dalam memilih tempat melahirkan, antara lain:

1. Pindah rumah
Beberapa kejadian sempat saya dengar kalau bumil tiba-tiba harus pindah rumah karena mengikuti suami yang kebetulan harus pindah tugas (mutasi). Bisa juga karena sudah memiliki rumah baru dan tidak mau selamanya menjadi kontraktor, alias kontrak sana kontrak sini

2. Kenyamanan
Kadang kala dokter atau bidan juga dapat menjadi penyebab timbulnya rasa nyaman atau tidak terhadap bumil. Melalui pelayanan dan nasihat-nasihatnya saat memeriksa. Bisa juga bumil baru mengetahui kalau diperiksa oleh dokter laki-laki tidak boleh, akhirnya pindah mencari dokter kandungan yang perempuan. Masalah pelayanan, kenyamanan, dan kebersihan dari tempat memeriksa juga bisa menjadi faktor

3. Dana yang tersedia
Ini alasan yang paling penting dan masuk akal untuk dipikirkan oleh bumil dan juga suaminya. Jangan sampai dana tidak mencukupi atau tidak ada tapi memilih tempat melahirkan di tempat yang memberikan fasilitas dan pelayanan nomor satu. Harap sesuaikanlah dengan keuangan dan kebutuhan. Jangan sampai dana yang tersedia tersedot untuk membayar tempat bersalin, sementara dana untuk aqiqahan tidak ada.

Andai saja para bumil dan suaminya mengetahui bahwa anak tidak akan bertanya dan akhirnya kecewa karena tidak dilahirkan di tempat yang bagus dan mewah. Justru anak akan sangat kecewa kalau mereka mengetahui tidak diaqiqahkan pada hari ke-7, atau ke-14 atau ke-21 dari hari kelahirannya.

Perlu juga diingat bahwa mengaqiqahkan anak adalah sunnah yang penting untuk dilakukan, agar anak tidak tergadaikan. Jangan sampai membayar mahal tempat bersalin mampu tapi untuk aqiqahan tidak mampu dan tidak mau. Ada beberapa pilihan tempat bagi bumil yang ingin melahirkan. Ada tiga pilihan yang bisa saya tuliskan pada postingan kali ini, yaitu:

  1. Rumah Sakit: Tempat yang menyediakan layanan untuk konsultasi dan mengobati berbagai penyakit. Di sini disediakan lengkap tenaga medis dari berbagai bagian. Salah satunya bagian yang berhubungan dengan kandungan. Di rumah sakit bumil juga dapat memilih untuk dibantu oleh bidan atau tidak saat ingin melahirkan.
  2. Rumah Bersalin: Tempat yang menyediakan layanan khusus untuk melayani pemeriksaan ibu hamil dan tempat untuk melahirkan (bersalin). Dengan tenaga medis yang tersedia dokter kandungan dan bidan, jadi pasien dapat memilih akan diperiksa dan ditangani oleh dokter kandungan atau cukup oleh bidan.
  3. Bidan: Tempat yang dikelola oleh bidan untuk menyediakan layanan pemeriksaan ibu hamil dan tempat untuk melahirkan. Tenaga medis yang tersedia hanya bidan.

Demikianlah yang dapat saya tuliskan kali ini, semoga dapat membantu. Yang terpenting ingatlah untuk menyesuaikan dengan dana yang dimiliki. Siapkan pula dana untuk mengaqiqahkan anak tercinta, ingat-inat ya untuk yang terakhir ini.

8 thoughts on “Alasan Memilih Tempat Melahirkan

  1. Dulu saya memilih yang nyaman, suasananya kayak rumah jadi perasaan tenang. Dan tentu saja terjangkau, Mak. Sambil berdoa agar bisa melahirkan normal supaya biaya bisa ditekan. Alhamdulillah ketiga anak saya lahir normal :)

  2. Pingback: Alasan Pilih Dokter Kandungan | Catatan KecilkuBlog Catcilku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>