Aktif dan Kreatif Ciri Remaja yang Sehat

Masa sekolah berarti beberapa tahun yang sudah berlalu, belasan tahun. Tidak ada yang menarik dari seorang yang introvet seperti saya. Anak rumahan yang hanya pergi ke sekolah dan pulang sekolah. Begitu saja aktivitasnya dari hari ke hari, bulan ke bulan, dan tahun ke tahun.

Membosankan!

Jelas. Itu yang saya rasakan kala itu, tapi juga tidak beranjak untuk melakukan perubahan. Tetap asyik dengan dunia sendiri. Mungkin juga saat itu kondisi yang membuat saya memilih untuk menjadi remaja yang tidak banyak bermain dengan teman-teman. Kondisinya apa, biar tetap menjadi rahasia untuk saya bawa terus. Untungnya tidak membuat saya keterusan menjadi pribadi penyendiri. Walau hingga kini introvetnya masih ada, tidak membuat saya jadi anti dengan lingkungan.

Masa remaja saat masih sekolah baik SMP maupun SMA seharusnya menjadi masa yang menyenangkan. Banyak bermain dan belajar. Mengeksplore kemampuan apa yang dimiliki oleh diri. Bergaul dengan banyak orang, sekaligus menjadi ajang untuk belajar untuk membuat networking. Semua kegiatan tersebut tentunya harus mendapat dukungan dari orang tua. Jangan sampai orang tua, alih-alih melindungi anak. Malah jadi posesive dan mengekang semua aktivitas anak. Akhirnya anak bisa jadi menjadi takut untuk bergaul dan mengeksplorasi dirinya. Tentu ini tidak baik untuk mental dan masa depan anak.

Kata para pemerhati pendidikan dan juga psikolog, untuk mendidik anak remaja jangan kaku tapi juga jangan terlalu longgar. Semua harus pas, yang terpenting orang tua mengontrol pergaulan dan apa yang dilakukan anak. Beri kepercayaan kepada anak agar mereka belajar untuk menjaga amanah itu. Anak pun akan merasa senang diberikan kepercayaan oleh orang tuanya. Sekaligus belajar bagaimana menggunakan dan menjalankan apa yang sudah dipercayakan kepadanya.

Menjadi aktif dan kreatif merupakan ciri remaja yang sehat mentalnya. Tidak main-main untuk mewujudkan remaja seperti ini membutuhkan dukungan dari orang tua. Kalau sudah mendapatkan dukungan dari orang tua, tinggal anda yang sekarang remaja manfaatkan sebaik-baiknya. Tidak perlu bingung dengan caranya. Yuk disimak:

  1. Belajar dengan tekun: ada waktunya belajar dan ada waktunya bermain. Berikan porsinya yang seimbang, sehingga tetap bisa bermain tapi prestasi di sekolah juga ada
  2. Bergaul dengan siapa saja: tapi pilihlah orang-orang yang baik dan berprestasi untuk dijadikan sahabat
  3. Miliki hobi: setiap orang pasti punya kegemaran. Gali terus kegemaran anda hingga suatu saat menjadi sebuah hobi
  4. Ikut dalam komunitas: saat ini begitu banyak komunitas yang diisi oleh anak- anak muda. Pilih salah satu yang menarik dan sesuai dengan hobi. Bergabunglah dalam satu komunitas
  5. Jangan lupakan doa: ini yang terpenting dari segala ikhtiar yang sudah dilakukan. Tinggal memasrahkan segala apa yang sudah maksimal dikerjkan hanya kepada Yang Mahahidup, Allah swt. Berdoa untuk meminta diberikan yang terbaik bagi diri, keluarga, bangsa, dan agama.

Tidak sulit bukan supaya menjadi remaja yang aktif dan kreatif? Kalau semua dilakukan pasti deh anda tidak akan pernah menjadi remaja yang dihinggapi kegalauan. Prestasi anda punya gaul juga tetap bisa.

6 thoughts on “Aktif dan Kreatif Ciri Remaja yang Sehat

  1. Mendidik anak itu harus tarik ulur memang… kalau terlalu ketat bisa putus nanti, terlalu longgar jg bisa nyangkut ke tpt yg ga diinginkan Jadi seperti main layangan ya :)

  2. punya anak remaja itu, sedap-sedap gimana gitu.. karena mereka itu unik banget. Berbeda dengan anak kecil yang gampang diarahkan. Jika dikerasin mereka berontak dan lari.. dilembutin terus mereka bete.. hahaha… asyik banget deh.

  3. Saya juga introvert, SMP adalah masa2 yang terlupakan bagi saya. Karena kesan istimewanya kurang. Mulai SMA sedikit demi sedikit dengan kecanggungan yang ada saya menjalani ‘terapi’ 5 poin diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>