Ada Apa Dengan Candi Borobudur Dan Candi Angkor Wat?

Jalan berundak ke puncak borobudur

Sudah lama sekali, saya terakhir berkunjung ke obyek wisata Candi Borobudur, sampai tidak ingat kapan terakhir ke sana. Yang teringat saat itu adalah capek dan panasnya saat menaiki candi hingga ke puncaknya :D. Kalau ditawari untuk ke sana lagi tentu langsung diterima, apalagi yang gratis hehe. Hari gini pasti pada senang kalau ditawari gratisan, termasuk saya.

Candi Borobudur dan obyek wisata lainnya yang banyak tersebar di seluru Indonesia merupakan warisan budaya yang bernilai sangat tinggi. Warisan kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa ini tidak hanya berupa bangunan (berwujud) tapi juga kebudayaan yang tidak berwujud yang nilainya sama tak ternilainya (tidak dapat dinilai dengan uang karena begitu bernilainya).

stupa di candi borobudur

Sungguh Indonesia merupakan negara yang kaya akan kekayaan budayanya, bahkan terkaya dibandingkan negara anggota ASEAN lainnya. Seharusnya menjadi salah satu yang bisa menjadi kebanggaan bagi bangsa ini dan patut untuk dijaga dengan segenap daya dan upaya yang bisa dilakukan.

kuntodewo

Saat mengunjungi Candi Borobudur saya dibuat kagum dengan bangunannya, baik dari sisi lukisan-lukisan yang berada di sekeliling Candi yang biasa dinamakan relief, belum lagi stupa-stupanya serta patung-patung lainnya yang berada dikeseluruhan Candi. Yang lebih membuat kagum adalah teknik pembangunan Candi Borobudur itu, jelas pada masanya tidak ada yang namanya arsitek yang bisa dimintai untuk membuat rancangannya dan tidak ada teknologi tinggi dan modern yang bisa digunakan. Tapi leluhur bangsa ini mampu membuat bangunan semegah itu tanpa ada bantuan teknologi modern sekarang ini.

borobudur vs angkorwat

http://wonderstube.com/world-wonders/forgotten-medeival-mind-world/101-forgotten-medeival-mind-world-wonders-angkor-wat.html

Ada apa dengan Candi Borobudur dan Candi Angkor Wat?

Menurut penjelasan ahli sejarah, relief Borobudur ada kemiripan dengan Candi Angkor Wat, yang berada di Kamboja. Sayang saya belum pernah ke luar negeri dan mengunjungi Candi Angkor Wat, hanya bisa melihat di google saja bagaimana bentuknya. Ternyata memang betul bentuk bangunan Candi Borobudur sangat mirip dengan Candi Angkor Wat. Lantas apa hubungannya dengan masalah kemiripan itu?

Hubungannya tentu ada, yaitu Indonesia dan Kamboja adalah serumpun budaya dan kedua negara sama-sama berada di dalam keanggotaan ASEAN. Setahu saya Candi Borobudur merupakan tempat ibadah umat budha begitu juga dengan Candi Angkor Wat. Mungkin para leluhur bangsa Indonesia yang beragama budha memiliki keinginan untuk menyebarkan agamanya saat itu di Kamboja, lalu dibangunlah sebuah tempat yang dikenal sebagai Candi Angkor Wat. Atau para leluhur kedua negara yang beragama budha sepakat untuk akhirnya membuat sebuah candi yang serupa dengan Borobudur di Kamboja sana. Entahlah, bisa berbagai skenario atau cerita dibalik pembuatan kedua candi tadi.

Yang terpenting saat ini adalah jangan lagi memperdebatkan masalah sejarah (history) nya, tapi bagaimana mempertahankan dan menjaga apa-apa yang sudah diwariskan oleh para leluhur. Baik warisan yang berwujud maupun yang tidak berwujud. Tidak mungkin akan terwujud bila tidak ada kerjasama antar negera dengan rakyatnya dan kerjasama antar negara, utamanya di kawasan Asi Tenggara.

Negara harus dapat memfasilitasi agar generasi yang ada saat ini agar bisa mengenal semua kebudayaan yang ada di Indonesia. Menjadikan kebudayaan ini menjadi tuan rumah dan maju di negeri sendiri. Begitu juga harus dapat bekerjasama dengan negara lain untuk saling melakukan promosi mengenai kekayaan kebudayaan yang dimiliki. Sehingga diharapkan antar negara saling menghormati kebudayaan negara lain dan bisa ikut saling menjaganya bukan untuk merusak atau mengakuinya.

Sumber 3 gambar teratas dari teman blogger

Incoming search terms:

  • angkor wat vs borobudur

4 thoughts on “Ada Apa Dengan Candi Borobudur Dan Candi Angkor Wat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>