Salah Ucap Akibat Salah Dengar dalam Bernyanyi

Sejak pekan kemarin di awal bulan Mei 2017 di grup wa yang saya ikuti beredar beberapa lucu-lucuan. Berupa percakapan khayalan antara pendengar dengan penyiar radio. Sebuah percakapan yang menggambarkan bahwa ada sebuah sesi kalau ada permintaan diputarkan lagu. Kelucuan sudah dimulai ketika judul lagu yang diminta untuk diputarkan ternyata tidak dikenal oleh penyiar radio. Pendengar masih memaksa mengatakan kalau lagu yang diinginkannya ada. Supaya lebih meyakinkan dan mengerti lagu yang dimaksudkan, maka disertakan potongan lagunya.

Saat memainkan dan mendengarkan potongan lagu itulah, pembaca lucu-lucuan di grup wa itu akan tersenyum bahkan tertawa. Sekaligus mengerti judul lagu yang dimaksud dan diharapkan untuk diputar oleh pendengar radio dalam percakapan itu. Di mana letak kelucuannya yaitu kesalahan saat menyebutkan judul lagunya. Lagunya dalam bahasa inggris namun disebutkan dengan bahasa Indonesia. Karena menurut pendengarannya seperti bahasa Indonesia. Contohnya saja seperti di bawah ini:

Permintaan Lagu

================

Cewek: Hello Radio?

Radio: Yes!

Cewek: Saya mau request lagu doong

Radio: Ok, lagu apa?

Cewek: “Ubin Mahal”

Radio: Ubin mahal?

Cewek: Iya…

Radio: Gak ada lagu itu!

Cewek: ada ah… masa radio ga tau… payah…, kayak gini lagunya.

================

Salah Ucap Akibat Salah Dengar dalam Bernyanyi

Gimana sudah tahu dong apa judul lagu yang dimaksud dalam percakapan itu? Yup, betul lagu dari penyanyi dari luar negeri sana. Judul asli lagunya adalah You’ll be in my heart, tapi karena yang mendengar adalah telinga orang Indonesia jadi Ubin mahal :)). Kalau didengar memang iya sih mirip kalimatnya ubin mahal dengan you’ll be in my heart. Masih banyak lagi salah ucap akibat salah dengar dalam bernyanyi yang dijadikan lucu-lucuan. Selain dalam bentuk percakapan dan penggalan lagunya ada pula video berupa penggalan rekaman sebuah acara pencarian bakat menyanyi. Di mana para peserta yang sedang mencoba peruntungan untuk menjadi penyayi baru menunjukan kebolehannya dalam bernyanyi.

Dalam video itu orang yang sedang menunjukan kebolehan atau bakatnya untuk menjadi penyanyi baru, berhasil membuat para juri terbengong-bengong. Juri bingung dan bengong karena apa yang dinyanyikan tentu saja tidak ada di dunia ini. Alias salah ucap. Saya yang sempat mendapatkan kiriman video dan menontonnya saja sempat takjub. Ternyata ada yang begitu percaya dirinya untuk bernyanyi tanpa mengecek kebenaran dari lirik lagu yang dinyanyikannya. Hanya mengendalkan kesamaan suara yang terdengar saja, ketika dicek ternyata total salah dari awal hingga akhir. Mau ketawa sekaligus kasihan melihat orangnya. Tentu akan menjadi bahan olok-olok dari orang lain yang melihatnya.

Salah ucap akibat salah dengar dalam bernyanyi–menyanyikan lagu–memang tidak terjadi di Indonesia saja, melainkan di negara lain juga terjadi. Kalau boleh menebak mungkin akan terjadi banyak kesalahan bila mengikuti lirik lagu asing. Bila bahasa ibu berbeda dengan bahasa yang dilantunkan oleh penyanyi asing tersebut. Sekarang ini sudah banyak kemudahan, bila ingin menyayikan lagu yang berbahasa asing ada baiknya sebelum menyanyi mencari liriknya dulu. Gunakan teknologi internet untuk membantu mencari lirik lagu yang diinginkan. Jadi tidak mempermalukan diri sendiri di depan orang banyak.

Kalau yakin tidak mempunyai bakat menyanyi, lebih baik jangan menyanyi di depan orang banyak. Bernyanyilah untuk konsumsi pribadi di kamar dan dengan suara yang lirih, hanya dapat didengar oleh diri sendiri :). Daripada salah ucap akibat salah dengar dalam bernyanyi. Jadi tidak akan menuai malu. Intinya adalah pastikan lirik lagu yang akan dinyanyikan sudah benar. Bagaimana kalau menurut anda?

Incoming search terms:

  • akibat salah dengar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>